Sukses

Clarkson Batal Bela Timnas Filipina di Asian Games 2018

Timnas Filipina berniat memakai jasa Clarkson untuk pertama kalinya pada ajang Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Guard Cleveland Cavaliers Jordan Clarkson dipastikan tidak akan bisa membela timnas Filipina di cabang olahraga bola basket putra Asian Games 2018. NBA melarang Clarkson main di Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Filipina berniat memakai jasa Clarkson untuk pertama kalinya pada ajang Asian Games 2018. Filipina bahkan sudah mengirimkan jersey dan perlengkapan tanding di Asian Games 2018 kepada Clarkson. 

Eks pemain LA Lakers itu memang bisa membela tim berjuluk Gilas itu karena memegang dua kewarganegaraan, Filipina dan Amerika Serikat. Neneknya, Marcelina Tullao, berasal dari Filipina.

Filipina bahkan berniat mendaulat Clarkson sebagai pemegang bendera saat upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno 18 Agustus nanti.

Sayangnya keinginan Federasi Bola Basket Filipina tak bisa terwujud. Debut Clarkson bersama Filipina harus tertunda karena NBA tak memberikan izin.

NBA melarang Clarkson karena Asian Games 2018 bukan kompetisi bola basket utama dibawah bendera FIBA (Asosiasi Bola Basket Internasional). NBA baru akan melepas pemain untuk kompetisi seperti Olimpiade, Piala Dunia Bola Basket, Continental Cup hingga babak kualifikasi turnamen besar.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Clarkson

Mengetahui NBA tak mengizinkannya main di Asian Games 2018, Clarkson kecewa berat. Lewat Instagram, Clarkson meminta maaf kepada masyarakat Filipina.

"Kepada saudara dan saudariku di Filipina, saya sangat kecewa untuk mengatakan bahwa saya belum menerima persetujuan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam Asian Games mendatang dengan Tim Nasional kami. Meskipun saya tidak akan berada di sana secara pribadi, saya akan bersama teman-teman tim Gilas dalam hati dan semangat," tulis Clarkson di Instagram.

Pada kesempatan tersebut, Clarkson juga berjanji masih berkomitmen untuk membela Filipina di masa yang akan datang walau gagal debut di Asian Games 2018. Clarkson tak sabar memulai petualangan bersama tim Gilas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.