Sukses

Timnas Skateboard Indonesia Ingin Bikin Kejutan di Asian Games 2018

Rival paling berat timnas skateboard Indonesia di Asian Games 2018 adalah Jepang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Timnas skateboard Indonesia berharap bisa membuat kejutan di Asian Games 2018. Cabang skateboard bakal berlangsung di Jakabaring Sport City Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

"Sebagai tuan rumah, kita berharap bisa dapat emas, memang sejauh ini rival paling berat adalah Jepang," kata Pelatih Kepala Skateboard Timnas Indonesia Jojaya Charles Kusuma di Pekanbaru tentang peluang dalam Asian Games 2018 seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan skateboarder andalan timnas hingga kini terus bersiap. Salah satunya dengan ikut pertandingan skatboard di Singapura pada awal Agustus ini.

Menurut pria yang akrab disapa Charlie Hobbies ini, peta kekuatan skateboad Asia masih didominasi Jepang. Negara Matahari terbit itu memberikan perhatian besar kepada para skateboarder, seperti arena dan pembinaannya.

Bahkan, skateboard Jepang mulai unjuk gigi di taraf internasional, seperti Yuto Horigome yang beberapa kali sudah menyicipi podium Street League Skateboarding di Amerika Serikat.

Namun, Charlie Hobbies melajutkan jika beberapa negara lain sudah mulai membayangi dominasi skateboarder Jepang. Salah satunya adalah Tiongkok, yang sudah dua tahun terakhir membangun pasukan untuk Asian Games 2018 hingga ke Olimpiade 2020.

"China (Tiongkok) sudah lama bersiap. Mereka membentuk tim yang disebut Shaolin Skateboarders Army," ucap Charlie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Terbaik

Terkait kans Indonesia, Charlie melihat atlet-atlet Indonesia dengan persiapan mepet tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik. Indonesia akan mengoptimalkan enam atlet di dua nomor yang dipertandingkan, yakni street serta park (bowl) untuk putra dan putri.

Untuk nomor park putra, Timnas Skateboard Indonesia akan menurunkan Sanggoe Dharma Tanjung dan Gregorius Aldwin Angka Widjaja. Sedangkan untuk nomor street, ada Pevi Permana dan Jason Dennis Lijnzaat.

Nama-nama tersebut sudah cukup dikenal dalam olahraga skateboard Tanah Air. Pevi Permana adalah satu dari sekian banyak skateboarder Indonesia yang mendunia.

Berbagai prestasi telah dia dapatkan, mulai dari juara nasional 2005 hingga 2015, juara Asia di 2007, 2009, serta 2010, dan yang cukup membanggakan adalah masuk 40 Skateboarder terbaik dalam kejuaraan dunia skateboard di Amerika pada 2009.

Sedangkan, Sanggoe Dharma merupakan peringkat ketiga pada ajang FISE World Malaysia 2014, peringkat enam dunia di X-Games di Shanghai 2015, dan skateboarder Indonesia pertama yang berlaga di Street League (SLS) di Barcelona 2017.

"Saya berharap dari putra, terutama Sanggoe bisa tampil baik dan meraih medali emas," ucap Charlie.

3 dari 3 halaman

Atlet Putri

Sementara untuk atlet putri, Timnas Skateboard Indonesia hanya menurunkan dua atlet, salah satunya adalah Nyimas Bunga Cinta. Skateborder berusia 12 tahun ini akan turun di dua nomor. Sedangkan satu atlet lainnya adalah Aliqqa Kayyisa.

"Untuk putri tidak ada target medali karena pertama kali ikut pertandingan. Bunga Cinta ini masih level pemula, baru umur 12 tahun, tapi merupakan aset Indonesia karena punya bakat. Dia calon juara," imbuh Charlie.

Setiap nomor pada cabang olahraga skateboard akan memperebutkan dua medali emas, sehingga total ada empat emas Asian Games 2018 pada cabang olahraga ekstrim tersebut. Setiap atlet pada setiap nomor saling bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi, mulai dari babak kualifikasi hingga final.

Pada nomor street, setiap skater akan melalui sesi run dalam waktu 45 detik untuk beratraksi di semua rintangan. Poin yang didapatkan tiap skater kemudian bisa bertambah pada sesi trik terbaik (best trick).

Setiap skaterboarder yang akan berlomba diberi waktu latihan pada tanggal 26 Agustus di arena Jaka Baring Sport City. Lomba untuk babak kualifikasi hingga final dimulai pada 28 hingga 29 Agustus 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.