Sukses

Mengintip Kesiapan Kampung Arab Almunawar Sambut Asian Games 2018

Asian Games 2018 akan berlangsung di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang.

Liputan6.com, Jakarta Pemerinta Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hanya mati-matian membangun venue bagi Asian Games 2018. Sudut-sudut kota dan fasilitas di Palembang juga disulap demi menambah semarak pesta olahraga mutli event empat tahunan se Asia tersebut. 

Kampung Arab Almunawar di Kelurahan 13 Ulu Palembang salah satunya. Kawasan yang dihuni warga keturunan Arab dikenal  sangat Islami sehingga terasa nyaman dan tenang.

Deretan rumah panggung dengan gaya kuno menyambut pengunjung Kampung Almunawar, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Wajah-wajah wanita keturunan Arab yang menawan dengan hidung yang mancung semakin menambah keunikan kawasan ini. 

Pemukiman yang dihiasi rumah panggung berusia ratusan tahun ini ditunjuk sebagai salah satu lokasi kunjungan para tamu di Asian Games 2018 di Palembang. Ketertarikan pemerintah daerah pun sangat kentara, setelah Kampung Arab Almunawar ini menjadi lokasi rute Torch Relay atau Pawai Obor Asian Games 2018, pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 lalu.

Ratusan pengunjung dan warga sekitar berbondong-bondong memadati setiap sudut kampung kecil ini. Menariknya, di ujung perkampungan ini, para wisatawan bisa melihat panorama Sungai Musi, sambil mendengar riakan air sungai dan kapal kecil berlabuh. Jembatan Ampera pun terasa sangat dekat dipandang mata.

Muhammad Ketua RT 24, RW 02 yang merupakan keturunan etnis Arab mengatakan, banyak hiburan yang akan disajikan untuk para tamu Asian Games 2018 di Kampung Arab Almunawar.

"Setiap hari selama Asian Games, kita akan menampilkan berbagai hiburan, salah satunya tarian gambus. Ada makanan dan minuman khas kampung ini, untuk menutup perjalanan wisata disini setiap sorenya," katanya kepada Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

Penambahan beberapa fasilitas di kampung arab Palembang ini, sudah dilakukan jauh hari sebelum menyambut even Asian Games 2018. Bahkan, mereka akan menyajikan beragam dagangan ciri khas Kota Palembang.

Menurut Pemuka Agama Kampung Arab Almunawar, Habib Ahmad Alkaff, Kirab Obor Asian Games 2018 semakin memperkenalkan kampungnya ke publik, tidak hanya di nasional tapi hingga ke tingkat internasional.

"Sebagai warga asli di sini, saya bangga kampung kami bisa mewakili Indonesia dalam kirab obor Asian Games 2018 kemarin. Kegiatan ini juga memperkenalkan kampung kami ke para calon wisatawan lain yang akan berkunjung ke Palembang," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampung Berseri Astra

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk mengungkapkan, mereka sangat antusias mempromosikan kampung-kampung asli daerah, dengan kegiatan internasional seperti Asian Games.

"Kita gencar mengenalkan 73 kampung berseri di Indonesia, salah satunya Kampung Almunawar Palembang yang merupakan Kampung Berseri Astra (KBA). Di acara Torch Relay, kita juga menggelar Festival Kampung Berseri Astra," ucapnya.

PT Astra International Tbk sebagai official prestige partner Asian Games, mereka memilih Kampung Almunawar sebagai KBA, karena sangat inspiratif dan bisa jadi acuan bagi kampung lain di Palembang untuk mengembangkan pemukiman jadi tempat wisata.

Beberapa kegiatan PT Astra International Tbk untuk menonjolkan Kampung Arab Almunawar ini, yaitu mengembangkan kewirausahaan dan pendidikan, salah satunya fasilitas tanaman hidroponik di sekolah di Kampung Almunawar.

"Kita berkomitmen mendukung Asian Games dan Inasgoc, ada 200 unit kendaraan yang kami pinjamkan selama even Asian Games di Palembang dan Jakarta," katanya.

Reporter: Nefri Inge

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.