Sukses

Buntut Pengunduran Diri Irak, UEA Masuk Grup C Sepak Bola Asian Games

Uni Emirat Arab akhirnya masuk dalam Grup C sepak bola Asian Games 2018 setelah Irak menyatakan mundur.

Jakarta - Uni Emirat Arab yang sebelumnya berada di Grup E cabor sepak bola Asian Games 2018 resmi dipindahkan ke Grup C. Pemindahan itu sebagai buntut pengunduran diri Irak dari cabang sepak bola. 

Dengan demikian, jumlah peserta di Grup C kembali menjadi empat tim.

UEA awalnya masuk ke Grup E sepak bola Asian Games 2018 melalui pengundian susulan bersama Palestina setelah kedua negara itu tak diikutkan dalam pengundian pertama. Palestina masuk dalam Grup A yang juga ditempati oleh Timnas Indonesia U-23. Adapun UEA masuk ke Grup E.

Namun, mundurnya Irak dari sepak bola Asian Games 2018 membuat polemik baru. Pengunduran diri tersebut membuat Grup C hanya dihuni tiga tim, yaitu China, Timor Leste, dan Suriah. Namun, pengunduran Irak itu langsung ditanggapi oleh Inasgoc dengan melaporkan kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Dengan jumlah peserta yang timpang, di mana Grup A dan E berisi lima peserta, Grup B, D, dan F berisi empat negara dan Grup C hanya terdiri dari tiga negara, AFC melakukan langkah penentuan di Kuala Lumpur, Jumat (3/8/2018). UEA pindah ke Grup C supaya pesertanya kembali menjadi empat.

AFC dan OCA memutuskan hanya Palestina dan Uni Emirat Arab yang diundi ulang karena berada dalam satu grup yang berisi lima tim. Selain itu, dua negara ini merupakan negara tambahan peserta Asian Games.

Dengan mundurnya Irak, sepak bola Asian Games 2018 hanya diikuti 25 negara. Pertandingan cabor sepak bola akan digelar pada 10 Agustus hingga 1 September. Selain Stadion Pakansari serta Patriot, venue sepak bola juga berlangsung di Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.