Sukses

2 Rencana PSSI perihal Kostum Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

PSSI menyiapkan dua rencana terkait penggunaan jersey Timnas Indonesia U-23 selama Asian Games 2018

Jakarta, - PSSI dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) masih terus melakukan pembahasan terkait kostum yang akan dikenakan Timnas Indonesia U-23 selama tampil di Asian Games 2018.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut PSSI siap mengikuti arahan KOI. Namun, PSSI juga mempersiapkan rencana cadangan jika pada akhirnya sponsor apparel kontingen Indonesia yang bekerja sama dengan KOI tidak bisa memberikan perlengkapan lengkap.

Timnas Indonesia sebenarnya sudah memiliki jersey terbaru dari apparel yang bekerja sama dengan PSSI, Nike, untuk digunakan saat Tim Garuda Muda beraksi di Asian Games 2018. Namun, sesuai dengan arahan KOI yang bekerja sama dengan Li-Ning sebagai official apparel untuk kontingen Indonesia.

 

Baca Juga

  • Tanggapan Ketum PSSI perihal Batalnya Ezra Walian Gabung Timnas Indonesia U-23
  • Asian Games 2018 Seperti Ujian Akhir Nasional untuk Luis Milla
  • Jadwal Lengkap Grup A Sepak Bola Asian Games 2018: Jalan Lapang Timnas Indonesia U-23

"Kami masih berkomunikasi apakah boleh menggunakan jersey Timnas Indonesia terbaru di Asian Games 2018. Jika tidak boleh, kami akan gunakan di Piala AFF," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

"KOI sudah mengirimkan surat yang meminta Timnas Indonesia U-23 menggunakan Li-Ning. Kami pun sudah mengirimkan kembali surat kepada KOI yang menyatakan bahwa keperluan jersey Timnas Indonesia U-23 bukan hanya satu buah, tapi beberapa buah. Kami juga mempertanyakan cara pendistribusiannya, baju latihan seperti apa, dan apakah mereka bisa memenuhi satu set produk untuk Timnas Indonesia. Mengingat ini adalah komitmen KOI sebagai NOC, PSSI dalam sikap menuruti aturan yang ada," lanjutnya.

Ratu Tisha pun menegaskan bahwa PSSI dalam posisi mengikuti aturan, di mana semua yang diminta oleh Negara akan diikuti. Namun, PSSI mengingatkan bahwa Timnas Indonesia U-23, khususnya putra, akan menjalani empat pertandingan di babak grup, di mana pada umumnya harus ada empat set jersey berbeda untuk kebutuhan di babak grup.

"Namun, jika ternyata Li-Ning tidak bisa menyanggupi permintaan untuk menyediakan semua kebutuhan Timnas Indonesia U-23, tentu kami akan menggunakan Nike,"ujar Ratu Tisha.

"Kita tidak bisa memprediksi apakah nanti pemain di lapangan mau bertukar baju dengan lawan atau tidak. Tentu kami mengantisipasi kemungkinan itu," lanjut Sekjen PSSI itu.

Timnas Indonesia U-23 akan memulai kiprah di Asian Games 2018 dengan menghadapi China Taipei di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 12 Agustus 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.