Sukses

Jamin Keamanan Pangan Atlet Asian Games 2018, Ini yang Dilakukan Dinkes DKI

Asian Games 2018 akan digelar di Indonesia mulai 18 Agustus mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan DKI akan melakukan pemeriksaan pangan bagi para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Pemeriksaan tersebut untuk menjamin keamanan makanan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan sekaligus pengujian pangan dilakukan untuk mendeteksi sejumlah kandungan zat berbahaya, seperti rhodamin, boraks, formalin, sianida, dan arsen.

Nantinya pemeriksaan akan dilakukan tiga hari sekali, yakni pagi, siang, dan malam hari. Ada 57 petugas yang diterjunkan untuk memeriksa makanan di sejumlah lokasi penginapan.

"Kami sudah mempersiapkan sejumlah simulasi pemeriksaan pangan. Ini dijalankan sebagai upaya menjamin keamanan makanan seluruh atlet Asian Games 2018," kata Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinkes DKI Jakarta, Endra Muryanto, Sabtu (28/7/2018) seperti dilansir Antara.

"Petugas pemeriksa pangan itu gabungan. Dari Labkesda DKI sendiri akan ada 17 petugas. Semua akan melakukan pemeriksaan di Wisma Atlet Kemayoran dan penginapan lainnya secara bergantian," ujar Endra menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sorotan Dunia

Endra mengatakan pemeriksaan pada pangan wajib dilakukan. Terlebih Asian Games 2018 akan menjadi sorotan dunia.

"Setelah pengujian dilakukan dan diketahui hasilnya barulah dapat dipastikan apakah makanan yang akan dikonsumsi atlet aman dan bebas dari zat berbahaya atau tidak," ujar Endra.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.