Sukses

Menlu Retno Hadiahi Presiden Korsel Maskot Asian Games 2018

Dalam kunjungan ke Seoul, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, membawa beberapa misi penting.

Liputan6.com, Jakarta - Menlu RI Retno Lestari Priansari Marsudi mengadakan kunjungan kerja ke Seoul, Korea Selatan (Korsel), Jumat (27/7/2018). Di Seoul, Menlu bertemu dengan Presiden Moon Jae-in  di Istana Kepresidenan Blue House. Selain membawa sejumlah misi penting, beberapa hal juga dibahas dalam pertemuan keduanya.

Salah satunya adalah menyampaikan undangan resmi dari Presiden Jokowi terkait pembukaan Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta, 18 Agustus mendatang. Dalam pertemuan tersebut, Retno memberikan tiga maskot perhelatan olahraga bergengsi se-Asia itu kepada Moon Jae-in, yakni Atung, Bhin Bhin, dan Kaka.

Melalui foto yang diunggah di akun Instagram milik Retno, @retno-marsudi, terlihat Presiden Moon Jae-in sedang memegang Atung, sementara Retno memegang Bhin Bhin dan Kaka.

"Maskot Asian Games (Atung, Bhin Bhin dan Kaka) telah diterima Presiden Korea Selatan, YM Moon Jae-In di Istana Presiden (Blue House), Seoul (27/7/2018). I paid a courtesy call to Presiden Moon Jae-In to convey an invitation from Presiden Widodo to Presiden Moon to attend the opening ceremony of the Asian Games in Jakarta 18 August 2018. #asiangames2018," tulis Menlu Retno sekitar pukul 13.11 waktu setempat di Seoul, Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin adalah seekor burung cendrawasih (Paradisaea apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Adapun Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Ketiganya merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara Bergengsi

Sebagai acara olahraga terbesar setelah Olimpiade, Asian Games adalah acara bergengsi yang diorganisasi oleh Olympic Council of Asia. Pada edisi ke-18 ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. Seluruh pertandingan akan dipusatkan di dua kota besar, yaitu Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara partisipan dalam Asian Games 20118. Keduanya akan berkompetisi dalam beberapa pertaningan sebagai tim terpadu di bawah nama "Korea" (COR). Mereka juga akan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi selama upacara pembukaan dan penutupan berlangsung.

(Afra Augesti)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.