Tarian Khas Jembrana Sambut Obor Asian Games di Pulau Dewata

Oleh Maria Flora pada 23 Jul 2018, 13:15 WIB
Diperbarui 23 Jul 2018, 13:15 WIB

Fokus, Bali - Persiapan untuk menyambut kedatangan obor Asian Games 2018 di Pulau Dewata, Bali terus dilakukan di depan Banjar Campuan, Krobokan. 

Sepertu ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (23/7/2018), suasana di Krobokan, Kabupaten Badung, Bali, mulai ramai oleh peserta yang siap menyambut kedatangan obor api Asian Games 2018.

Krobokan akan menjadi titik awal kirab obor Asian Games 2018 di Pulau Dewata. Atlet setempat bersama pihak TNI-Polri telah bersiap untuk mengiringi api abadi hingga ke Pantai Kuta.

Obor Asian Games 2018 tiba di Pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 08.00 pagi Wita. Api abadi bertolak dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, melintasi selat Bali sejauh 5 kilometer menggunakan Kapal Ferry KMP Marina Pratama.

Setiba di Pelabuhan Gilimanuk, Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas yang membawa obor Asian Games 2018 menyerahkan obor ke Bupati Jembrana I Putu Artha.

Kedatangan api abadi disambut para pelajar dengan tarian makepung khas Jembrana. Setelah penyambutan, api langsung bergerak menuju ke Krobokan. Kabupaten Jembrana menjadi titik ke-13 yang dilewati obor api Asian Games 2018 sejak pertama kali dimulai di Yogyakarta.

Sementara itu, persiapan juga tampak di Pantai Kuta. Obor api Asian Games 2018 rencananya akan tiba di festival Pantai Kuta sekitar jam 16.00 Wita, setelah diarak sejauh 10 kilometer dari Krobokan.

Obor kemudian akan dibawa berselancar di Pantai Kuta oleh selebriti dan atlet selancar Hamish Daud. Api lalu akan dinyalakan di Mini Couldron oleh Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Menko PMK Puan Maharani, dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Puspayoga. (Muhammad Gustirha Yunas)