Sukses

Asian Games 2018: Perbasi Targetkan Lolos Fase Grup

Perbasi tak memasang target muluk-muluk di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Undian fase grup Asian Games 2018 sedikit tak menguntungkan bagi tim basket putra dan putri Indonesia. Maklum, tim basket Merah Putih akan langsung bertemu lawan-lawan berat sejak awal.

Dalam undian Asian Games 2018 yang digelar di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Kamis (5/7/2018), tim basket putri Indonesia masuk Grup A bersama gabungan Korea, Taiwan, Kazakhstan, dan India. Sedangkan Grup B dihuni Tiongkok, Jepang, Thailand, Hong Kong, dan Mongolia.

Untuk tim putra Indonesia, mereka akan menghadapi Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand. Meski terbilang enteng ketimbang grup lain, tetap saja ketiga tim tersebut bukan lawan yang mudah, khususnya Korsel.

Meski begitu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perbasi, Budi Djiwandono saat ditemui Liputan6.com, tetap memiliki keyakinan terhadap tim basket putra dan putri Indonesia. Setidaknya, Budi yakin bahwa kedua tim basket Indonesia bakal lolos dari fase grup.

"Kami memiliki target tinggi, tapi kita juga harus realistis. Kalau kami melihat, melaju ke fase knock out itu sudah prestasi luar biasa. Karena ini adalah Asian Games. Kalau di SEA Games, kendala kami selalu Filipina. Tapi kita selalu bisa nomor dua," ungkap Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Realistis

Jika bicara peta kekuatan, lawan terberat tim basket putri Indonesia adalah gabungan Korea. Sedangkan untuk tim putra, lawan terberatnya adalah Korsel. Mengenai Mongolia dan Thailand, Budi yakin tim basket putra bisa bersaing.

"Sekarang adalah ajang di mana ada China (Tiongkok), Korea, Jepang, Iran, Qatar, ini jauh lebih merat. Tapi sekali lagi, saya yakin dengan pembagian grup ini dan dengan semangat besar anak-anak, kita bisa meraih hasil bagus," tutur Budi.

"Saya tidak mau berlebih-lebih soal target. Tentu kita ingin mendapatkan medali, tapi melihat lawan yang ada, berat sekali, kita harus realistis," ia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Basket Asian Games 2018

Putri

Grup A: Gabungan Korea, Taiwan, Indonesia, Kazakhstan, India

Grup B: Tiongkok, Jepang, Thailand, Hong Kong, Mongolia

Putra

Goup A: Korea Selatan, Mongolia, Indonesia, Thailand

Goup B: Iran, Filipina, Syria, Uni Emirat Arab

Goup C: Jepang, Qatar, Taiwan, Hong Kong

Grup D: Kazakhstan, Tiongkok, Palestina

Saksika video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.