Sukses

Pejabat DKI soal Kali Item Dekat Wisma Atlet: Jangan Malu, Itu Ikon Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membersihkan Kali Sunter atau Kali Item di dekat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara yang terkenal berbau tidak sedap.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membersihkan Kali Sunter atau Kali Item di dekat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara. Saat ini, aroma sungai tersebut sudah tidak terlalu menyengat meski airnya masih hitam.

Pasalnya, tim Merdeka.com yang mengikuti simulasi antar atlet dengan menaiki bus melihat pemandangan tidak sedap di lokasi itu.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko, meminta masyarakat tidak perlu malu atas kondisi tersebut. Sebab, kata dia, Kali Item merupakan ikon sisi lain Jakarta.

"Ini adalah sisi yang harus ditampilkan. Artinya, kita enggak perlu minder atau malu, justru malah menjadi satu yang bisa dibilang iconic sisi Jakarta. Kita harus berani menampilkan sisi Jakarta secara keseluruhan, tapi yang paling penting adalah bagaimaan bisa meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat," kata Sigit di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (4/7/2018).

Dia pun mengatakan, Pemprov DKI Jakarta tengah mempercantik Kali Itemtersebut. 

"Untuk lingkungan di Wisma Atlet ini sudah beberapa inspeksi kali, dari level provinsi maupun pusat. DKI speed up untuk bisa melakukan penataan maupun perbaikan," ujar Sigit.

Reporter: Ronald 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Namanya Kali Item

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bau Kali Sunter atau Kali Item di dekat Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah tidak separah dulu. Meskipun, warna air kalinya masih tetap hitam.

"Untuk air, dari sisi aroma sudah jauh lebih abik. Ini dipantau terus setiap hari Jumat, Pak Wagub (Sandiaga Uno) buat rapat khusus soal Asian Games. (Tetapi) warnanya memang masih hitam karena itu sungainya dikasih nama Kali Item," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu 16 Mei 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.