Lapangan Bulu Tangkis di Palembang Disulap Jadi TPS Asian Games

Oleh Nefri Inge pada 27 Jun 2018, 23:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2018, 14:20 WIB
Lapangan Bulutangkis di Palembang Disulap Jadi TPS Asian Games

Liputan6.com, Palembang - Dari ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), ada satu TPS kreatif mengusung tema Asian Games 2018. Uniknya lagi, TPS ini berada di tengah-tengah lapangan olahraga bulutangkis.

TPS 10 yang mengusung semarak Asian Games 2018 ini berada di Gang Masjid, RT 18 Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil Palembang. Beragam pernak-pernik yang semakin memeriahkan pelaksanaan pemilihan suara di TPS ini.

Kepala TPS 10 Taufik Kamil mengatakan, konsep Asian Games dipilih karena Palembang akan menjadi tuan rumah even olahraga internasional ini.

"Berhubung dekat dengan Pilkada Sumsel, jadi kita buat TPS di sini dengan nuansa Asian Games 2018 juga. Semua kreatifitas warga, mulai dari ornamen hingga warna yang dipilih,” katanya kepada Liputan6.com, Rabu (27/6/2018).

Lokasi TPS Asian Games yang disebut Kampung Cempaka ini, sudah dikenal sebelumnya sebagai Juara 1 Lomba Kampung Hias Asian Games 2018. Kompetisi yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ini, menghadiahkan Kampung Cempaka atau sering disebut juga Kampung Asian Games satu ekor sapi.

Para warga sekitar berbondong-bondong untuk datang dan mencoblos di TPS Asian Games ini. Tak jarang, banyak warga yang swafoto untuk mengabadikan momen langka ini.

"Sekitar pukul 10.00 WIB tadi warga ramai datang kemari. Mereka juga senang karena banyak wartawan yang meliput dan mempublikasi hasil karya mereka," ucapnya.

Ahmad Furqon, Camat Bukit Kecil Palembang mengatakan, ide TPS Asian Games sebelumnya diusulkan dulu ke Panitia Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwascam). Usulan membuat TPS bertema Asian Games ternyata disetujui.

 

2 dari 2 halaman

Hasil Kreasi Warga

Lapangan Bulutangkis di Palembang Disulap Jadi TPS Asian Games
Salah satu warga RT 18 Kecamatan Bukit Kecil Palembang menggunakan hak pilihnya di TPS Asian Games (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Ini murni dari warga dan kita sangat bangga. Kreatifitas warga bahkan menular ke kampung lain. Mereka juga ingin dibuat seperti Kampung Asian Games ini," ujarnya.

Dalam waktu dekat, Kampung Asian Games akan diperluas hingga ke tiga kawasan Rukun Warga (RW) di Kelurahan 26 Ilir Palembang.

Siti Aisyah (52), warga RT 18 merasa senang karena TPS mereka berbeda dengan TPS lainnya di Kelurahan 26 Ilir Palembang. Bahkan dirinya sengaja pulang ke rumahnya dan mencoblos, untuk bisa berpartisipasi dalam Pilkada Serentak ini.

"Saya dari Kenten Laut memang sengaja kesini mau mencoblos, karena saya tinggal disini. Suasananya lebih ceria dan banyak warga yang lebih suka berinteraksi dengan sesama di lapangan ini," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓