Sukses

6 Rumah Ibadah Dibangun Berdampingan di Venue Asian Games Palembang

Di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dibangun enam rumah ibadah untuk tiap agama di Indonesia.

Liputan6.com, Palembang - Jelang perhelatan Asian Games 2018 di Palembang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) membangun enam rumah ibadah di kawasan venue Asian Games di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Pejabat Pembuat Komitmen Eki Arsitra Rizky mengatakan, pembangunan enam rumah ibadah ini merupakan ide Gubernur Sumsel Alex Noerdin, untuk memudahkan para pengunjung JSC Palembang beribadah.

"Enam rumah ibadah ini akan dibangun berdampingan, jadi memudahkan para atlet dan official Asian Games 2018 serta pengunjung lainnya untuk beribadah. Lokasinya juga berdekatan dengan wisma atlet JSC," katanya kepada Liputan6.com, Selasa, 19 Jui 2018.

Rumah ibadah yang dalam proses pembangunan yaitu Masjid, Gereja Katolik, Gereja Protestan, Pura, Vihara, dan Kelenteng. Sebelum perhelatan Asian Games 2018 dimulai di JSC Palembang, pembangunan enam rumah ibadah ini dipastikan akan rampung dan bisa digunakan. Saat ini, proses pembangunan sudah mencapai 80 persen.

Lokasi yang berdekatan juga turut menonjolkan ikon Sumsel sebagai kawasan zero conflict antarsuku, agama, ras, dan golongan.

"Ini juga menjadi salah satu syarat dan kelengkapan non venue competition di Asian Games 2018. Apalagi, kita bentuk sesuai dengan simbol setiap ibadah. Lokasi berdekatan juga mencirikan kerukunan antarumat beragama," katanya.

Pembangunan pura misalnya, dibangun oleh ahlinya, yaitu pekerja asal Bali yang tinggal di Palembang. Bahkan, sistem knock down yang digunakan, didatangkan langsung dari Bali.

Enam rumah ibadah yang dibangun berdampingan ini juga disambut antusias oleh para ketua persatuan agama di Sumsel. Beberapa waktu lalu, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) juga menyampaikan apresiasi yang baik dengan pembangunan rumah ibadah untuk tiap agama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Unik 3D

Pemprov Sumsel juga menambah destinasi wisata buatan di Kompleks JSC Palembang, yang dinamakan De Jakabaring. Wisata baru ini merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Bina Darma (UBD) Palembang dan sudah dibuka secara umum pada Kamis, 14 Juni 2018.

Di wahana ini disediakan berbagai spot foto tiga dimensi yang sangat cocok untuk swafoto unik. De Jakabaring berlokasi di Komplek Graha Teknologi Jakabaring menghadirkan 35 spot foto dan gambar 3D bernuansa Asian Games 2018.

Beberapa spot foto di antaranya bertema tengah lautan, arena pertandingan hewan buas, lumba-lumba, panjat tebing, kebun binatang, dan zombie.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, lokasi ini awalnya merupakan aset Pemprov Sumsel yang terbengkalai. Namun, kini sudah berganti wajah menjadi lebih menarik dan bisa dinikmati sebagai salah satu wisata menarik di Palembang.

"Dengan bertambahnya lokasi wisata ini, Kota Palembang perlahan akan menjadi kota paling cantik di Indonesia. Wisata ini juga menjadi pilihan bagi pengunjung di saat Asian Games 2018 mendatang," ungkapnya.

Untuk bisa menikmati wahana ini, para pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 20.000 per orang pada Senin-Jumat dan Rp 25.000 per orang setiap Sabtu dan Minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.