Berkah Asian Games, Jalan-Jalan Pagi di Jembatan Ampera Bakal Makin Asyik

Oleh Nefri Inge pada 05 Jun 2018, 06:00 WIB
Jembatan Ampera Disulap Jadi Pedestrian Jelang Asian Games

Liputan6.com, Palembang - Jembatan Ampera yang menjadi salah satu ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), akan disulap menjadi lebih menarik. Balai Besar Jalan Wilayah V akan mengubah wajah Jembatan Ampera menjadi lokasi pedestrian jelang perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

Menurut Suwarno, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Musi IV Metropolitan Balai Besar Jalan Wilayah V, pembenahan Jembatan Ampera dibagi jadi dua bagian, yaitu di sisi kanan dan sisi kiri.

"Pada H-5 Lebaran, sisi kanan sudah rampung pembuatan pedestrian, seperti pemasangan lampu hias, kursi dan pagar yang ditinggikan dari 90 centimeter jadi 1,2 meter," ucap Suwarno kepada Liputan6.com, Senin, 4 Juni 2018.

Mereka memasang batas di pinggir jalan agar tidak ada kendaraan roda dua yang melewati kawasan pedestrian. Untuk jalan sebelah kiri akan segera dirampungkan sebelum perhelatan Asian Games 2018 dimulai.

Kawasan pedestrian juga akan dibuat di seputaran Masjid Agung Palembang, yang akan dimulai setelah Idul Fitri 1439 Hijriah. Untuk membuat Jembatan Ampera semakin cantik, mereka juga mengecat ulang warna jembatan di sisi luar.

Di bagian dalam Jembatan Ampera akan dicat kembali usai Asian Games 2018, namun mereka akan memastikan lebih lanjut. Pasalnya, kontrak kerja mereka hanya sampai tanggal 4 November 2018.

"Kami juga akan memasang CCTV di tiga sisi, untuk memantau aksi vandalisme yang merusak keindahan Jembatan Ampera. Kameranya bisa merekam hingga 32 kali pembesaran fokus," katanya.

Jika terbukti ada pihak atau orang tertentu yang merusak Jembatan Ampera dengan mencorat-coret, mereka akan melaporkannya ke pihak yang berwajib. Untuk pembangunan pedestrian di Jembatan Ampera dan Masjid Agung Palembang, anggaran yang disediakan sekitar Rp 4 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 2

Jembatan Musi IV

Jembatan Ampera Disulap Jadi Pedestrian Jelang Asian Games
Progres pembangunan Jembatan Musi 4 di Palembang. (Liputan6.com/Nefri Inge)

Mereka juga juga sedang membangun Jembatan Musi IV yang panjangnya mencapai 1.130 meter di kawasan Kuto Besar, Kecamatan Ilir Timur 2, Palembang. Jembatan Musi IV ini memiliki lebar sekitar 12 meter.

Ketinggian jembatan sekitar 16,88 meter, yang dihitung dari permukaan air sungai dengan titik terbawah jembatan. Ditargetkan pada bulan Agustus 2018, Jembatan Musi IV sudah selesa dan bisa digunakan untuk lalu lintas.

"Saat ini progres Jembatan Musi IV sudah mencapai 81,76 persen, sekarang lagi fokus di bentang tengah," kata Suwarno.

Ada 18 segmen pembangunan yang harus dirampungkan, dan sekarang baru selesai di 9 segmen. Sekitar akhir Juli hingga awal Agustus 2018, Jembatan Musi IV akan tersambung dari segmen 1 dari kawasan Boom Baru, Kecamatan Palembang ke segmen 9 di tengah Sungai Musi.

Lanjutkan Membaca ↓