Penataan Kawasan Kompleks GBK Rampung Akhir Juni 2018

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 04 Jun 2018, 09:47 WIB
Diperbarui 04 Jun 2018, 09:47 WIB
Penataan Kawasan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta demi menghadapi perhelatan Asian Games 2018. (Dok Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menata kawasan di lingkungan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta. Ini demi menghadapi perhelatan Asian Games 2018.

"Penataan dilakukan untuk menciptakan lanskap yang lebih berkualitas sebagai ruang terbuka hijau yang menyatu dengan bangunannya," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Senin (4/6/2018).

Dia menyampaikan, perkembangan pengerjaan penataan lingkungan saat ini sudah mencapai sekitar 55 persen dan ditargetkan rampung pada akhir Juni 2018.

Lanskap kawasan kini dilengkapi dengan patung Bung Karno di pintu 5 yang memperkuat identitas kompleks GBK. Selain itu, juga dibangun signage, taman, lampu taman, dan perbaikan semua gerbang.

Sementara di dalam kawasan, venue juga dilengkapi pagar pembatas dan tembereng, seperti di Stadion Utama GBK yang dikelilingi pagar setinggi 110 cm.

Turut dibangun berbagai fasilitas pendukung, seperti halte penumpang, shelter bus, pos polisi, toilet, musala, gedung food plaza, tempat sampah, hingga helipad.

Tidak hanya di dalam kompleks GBK, penataan juga dilakukan di bagian luar seperti jalur pedestrian Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, dan Pintu Satu.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Gelontorkan Rp 2,9 Triliun untuk Renovasi GBK

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mendengarkan penjelasan saat meninjau renovasi stadion di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (10/5). Basuki meninjau langsung kesiapan berbagai fasilitas dan prasarana Asian Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang ke-18, Kementerian PUPR telah mengucurkan dana Rp 2,9 triliun untuk memperbaiki atau renovasi Gelora Bung Karno (GBK).

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengungkapkan, Kementerian PUPR mengerjakan renovasi sebagai penugasan dari Instruksi Presiden (Inpres) No 2 Tahun 2016 dan Inpres No 3 Tahun 2018.

"Anggaran yang dikeluarkan kurang lebih Rp 2,9 triliun sampai dengan tahun ini. Tantangan terbesar kita adalah bukan pada membangun baru, tapi lebih pada situasi harus merenovasi," kata Iwan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Iwan juga menambahkan, renovasi ini ditargetkan selesai pada akhir Juni 2018, termasuk juga venue lain yang sedang dibangun Kementerian PUPR.

"Untuk di GBK ini sudah ada 14 venue dan beberapa venue lain juga. Kalau saat ini kami sedang melanjutkan proses pembangunan venue dan fasilitas lain, seperti elevated parking. Mohon doanya agar Juni ini setelah Lebaran bisa selesai semua," ujarnya.

Tak hanya itu, Iwan juga berharap bahwa venue yang nantinya selesai dibangun bisa digunakan oleh masyarakat sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh publik.

"Terlebih lagi kami mendorong ini menjadi investasi olahraga untuk Indonesia sehingga bisa digunakan oleh semua masyarakat. Dengan ini, kita tentu mengharapkan hal ini bisa sejalan dengan prestasi olahraga Indonesia yang bisa meningkat ke depannya," tutur Iwan.

Tonton Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓