Sukses

Hydrogen Car Asian Games 2018 Segera Sampai di Palembang

JSC Palembang menjadi salah satu lokasi perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

Liputan6.com, Palembang - Keunggulan Jakabaring Sport City (JSC) yang menjadi lokasi Asian Games 2018 di Palembang, yaitu adanya fasilitas khusus yang disediakan. Salah satu fasilitas khusus yaitu penyediaan Hydrogen Car untuk tamu VIP Asian Games 2018.

Kendaraan khusus ini rencananya akan datang ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada bulan ini atau Juni 2018. Hydrogen Car merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Norwegia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan, mereka masih menunggu kepastian datangnya Hydrogen Car di Palembang.

"Jadwalnya bulan Juni 2018, tapi belum tahu apakah awal, tengah atau akhir bulan. Kendaraan ini untuk Chief the Mission atau perwakilan tiap negara di Asian Games 2018,” ucap dia kepada Liputan6.com, Jumat, 1 Juni 2018.

Ada 10 unit Hydrogen Car yang akan dihadirkan, yaitu delapan jenis sedan merek Renault, satu sedan merek Audy, dan satu unit mobil bertingkat atau Double Decker. Khusus Double Decker bisa ditumpangi antara 80-100 orang.

Sedangkan dua jenis kendaraan sedan ini, hanya bisa memuat 4 orang. Untuk pengisian bahan bakar minyak (BBM) yang diganti Hydrogen fuel, masih akan menunggu tim teknisi dari Norwegia.

"Untuk pengemudi khusus dan cara pengisian hydrogen fuel, masih akan diuji coba dulu. Kita tunggu perwakilan teknisi Norwegia untuk mengajarkan kami,” ujarnya.

Hydrogen Car untuk Asian Games 2018 ini, akan dibawa melewati jalur darat dan laut. Kemungkinan kendaraan ini akan sampai melalui Pelabuhan Boom Baru, Palembang.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Olimpiade Tokyo

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sudah menyediakan lahan pengisian bahan bakar. Kendaraan ini hanya akan dioperasikan di komplek JSC Palembang, dan akan mengitari semua venue, wisma atlet, dan kawasan lainnya di lokasi Asian Games 2018 ini.

Ketersediaan Hydrogen Car, lanjut Nelson Firdaus, merupakan suatu kebanggaan Sumsel. Karena kerja sama ini, adalah salah satu bentuk adanya hubungan baik antara Sumsel dan Norwegia.

"Kendaraan jenis Hydrogen Car ini belum digunakan di mana pun, sebagai uji coba di sini. Awalnya akan digunakan di Olimpiade di Tokyo pada tahun 2020, ternyata kita duluan," katanya.

Pemprov Sumsel ternyata lebih unggul dalam penyediaan fasilitas Asian Games 2018. Karena, hanya Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang menyediakan Hydrogen Car, sedangkan di venue Jakarta tidak ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.