Bareng Nev Plus dan Dea, Ariel NOAH Berpartisipasi di Asian Games 2018

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 13 Mei 2018, 12:40 WIB
Grup band elektronik musik, NEV Plus saat media visit di Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pagelaran olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018. Ini menjadi yang kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga tersebut. Sebelumnya pada 1962, Indonesia sudah menorehkan sejarah dengan menyelenggarakan Asian Games keempat.

Membahas lebih lanjut perihal ajang olahraga internasional tersebut, official song alias lagu tema resmi, tentu menjadi sesuatu yang penting. Salah satu lagu yang menjadi tema Asian Games 2018 ini adalah "Janger Persahabatan".

Lagu tersebut diproduseri oleh NEV+ (Nev Plus) dan dinyanyikan oleh Ariel NOAH, dan Dea Dalila. Lagu "Janger Persahabatan" khusus diciptakan oleh Guruh Sukarnoputra untuk acara Asian Games 2018.

"Saya diminta menciptakan sebuah lagu untuk perhelatan Asian Games 2018 yang saya beri judul 'Janger Persahabatan'. Banyak orang bertanya, apa artinya Janger? Jadi Janger itu enggak ada artinya ya, itu menirukan bunyi-bunyian gamelan Bali," terang Guruh Sukarnoputra melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (13/5/2018).

2 of 4

Mempererat Hubungan Persahabatan Indonesia

[Bintang] Ariel Noah
Ariel Noah (Adrian Putra/bintang.com)

"Saya mengambil nama Janger karena itu kesenian rakyat yang menggambarkan persahabatan dan kegembiraan. Saya berharap event Asian Games ini bisa mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan negara-negara lain," lanjut putra proklamator Indonesia ini.

"Janger Persahabatan" diaransemen oleh NEV+ dan menyajikan irama semangat, musik kekinian, serta nuansa etnik yang cukup kental. Vokal khas Ariel serta suara unik Dea membuat "Janger Persahabatan" terdengar unik.

3 of 4

Banyak Musisi yang Terlibat

[Bintang] Guruh Soekarno Putra
Guruh Soekarno Putra. (Nurwahyunan/bintang.com)

"Semua unsur ada, mulai dari tradisional hingga modern. Untuk unsur etniknya, kita kerja sama dengan Viky Sianipar yang memang sangat paham bagaimana gamelan dengan kultur Bali yang kental," jelas Randy.

"Proses pengerjaan 'Janger Persahabatan' ini sebenarnya cukup lama, karena banyaknya musisi yang terlibat. Awalnya kita ditawari mengaransemen lagu ciptaan Guruh Sukarnoputra untuk Asian Games, tentu saja langsung kita sambut dengan sangat antusias. Kita buat musiknya, begitu selesai, baru diisi oleh Dea dan terakhir masuklah Ariel," ucap Rama saat ditanya proses kreatif Janger Persahabatan.

4 of 4

Meningkatkan Semangat

Grup band elektronik musik, NEV Plus saat media visit di Liputan 6
Grup band elektronik musik, NEV Plus saat media visit di Liputan 6, SCTV Tower bersama penyanyi Dea. (Liputan6.com/Arya Manggala)

"Janger Persahabatan" diharapkan bisa meningkatkan semangat para atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018, seperti pesan dari Ariel NOAH, "Untuk atlet-atlet Indonesia, berjuanglah sekuat tenaga, mudah-mudahan bisa menang banyak, minimal bermain baik demi Indonesia."

Dijadwalkan, "Janger Persahabatan" bakal dirilis pada 10 Mei 2018 dan akan tersedia di semua digital streaming platform.

Lanjutkan Membaca ↓