Presiden Jokowi: Indonesia Siap Gelar Asian Games 2018

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 07 Mei 2018, 07:49 WIB
Diperbarui 07 Mei 2018, 07:49 WIB
[Bintang] Tampil Fashionable, Presiden Jokowi Pakai Jaket Bermotif Warna-warni yang Modern Kekinian
Perbesar
Ternyata, jaket berwarna cerah ini punya maksud dan tujuan khusus, yakni untuk mendukung gelaran Asian Games 2018. (Sumber foto: Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Jokowi meyakinkan, Indonesia sudah siap menggelar Asian Games ke-18.

Di laman resmi Istana Presiden, Jokowi melakukan wawancara dengan mantan atlet renang Indonesia, Richard Sambera di tempat latihan berkuda, Depok, Minggu (6/5/2018).

Dalam wawancaranya bersama Richard Sambera, Jokowi meminta seluruh rakyat Indonesia ikut mensukseskan gelaran Asian Games, tidak hanya pemerintah, atlet, atau pelatih saja.

"Saya mendapatkan informasi dan setelah dicek di lapangan, 92 persen venue (untuk Asian Games) sudah selesai. Persiapan atlet, baik di dalam negeri dan luar negeri sudah berjalan," ujar Jokowi.

Presiden Republik Indonesia ketujuh itu terlihat sangat intens meninjau venue-venue yang bakal menggelar pertandingan Asian Games 2018.

"Saya berharap, kita tidak hanya sukses pelaksanaan saja, tapi juga sukses prestasi. Saya berharap rasa kepemilikan masyarakat sangat panas karena ada 45 negara dan 15.00 atlet akan berkumpul di negara kita," kata Jokowi.

 

 

2 dari 3 halaman

Target Indonesia

[Bintang] Tampil Fashionable, Presiden Jokowi Pakai Jaket Bermotif Warna-warni yang Modern Kekinian
Perbesar
Ternyata, jaket berwarna cerah ini punya maksud dan tujuan khusus. (Sumber foto: Brilio.net)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, pemerintah menargetkan Indonesia masuk 10 besar Asian Games ke-18. Jokowi ingin melihat dunia olahraga Indonesia lebih berkembang dari event sebelumnya.

"Yang paling penting, pertama, venue harus siap. Kemudian tempat latihan sudah digunakan, artinya latihan sudah terus-menerus. Saya berharap kita dapat prestasi yang bagus karena di Asian Games 2014, kita berada di ranking 17," ujarnya.

"Target kita itu di 2018 masuk 10 besar, 16 emas kurang lebih, syukur bisa lebih," ucap pria berusia 56 tahun tersebut melanjutkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Janji Jokowi

Jokowi juga berjanji, dia akan sering memberikan dukungan langsung di stadion kepada atlet-atlet Indonesia yang bertarung di Asian Games mulai dari 18 Agustus 2018 hingga selesai.

"Ya, ya. Saya akan datangi untuk memberikan semangat di venue-venue yang ada. Kita harapkan emas itu bisa kita raih lebih dari target. Yang penting kita bisa memberikan semangat kepada para atlet," kata Jokowi mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓