Sukses

Wapres Kalla: Indonesia Minimal Raih 16 Medali Emas di Asian Games

Indonesia menargetkan peringkat 10 besar di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia harus meraih minimal 16 medali emas dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang. Dengan demikian, target peringkat 10 besar bisa tercapai.

"Seperti diketahui semua, target yang dikemukakan oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) juga CdM (Chief de Mission) kepada Presiden (Joko Widodo) itu 10 besar. Itu artinya minimum 16 emas, kalau di bawah itu maka kita akan melorot lagi," kata Wapres Kalla saat memberikan pengarahan dalam rapat peningkatan prestasi Asian Games di kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Kamis (8/3/2018), seperti dinukil dari Antara.

Wapres mengatakan perolehan medali dan peringkat menjadi hal paling penting di antara segala persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Pada ujungnya nanti, orang tidak lagi mengingat acara pembukaan, tetapi yang selalu diingat adalah kita nomor berapa dalam Asian Games ini. Dan itu akan melekat di kepala orang sampai puluhan tahun," ujarnya.

Pada Asian Games ke-17 Tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia menempati peringkat 17 dengan total perolehan 20 medali, yakni empat medali emas, lima medali perak dan 11 medali perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi

Sebelumnya, rapat serupa juga digelar di Kantor Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) pada pertengahan Februari lalu. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai evaluasi penyelenggaraan test event serta renovasi lokasi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, termasuk perbaikan Stadion Gelora Bung Karno setelah pertandingan final Piala Presiden 2018.

Setelah menyaksikan gelaran test event atau percobaan sebelum Asian Games beberapa saat lalu, Wapres Kalla selaku Ketua Pengarah Asian Games 2018 mengatakan saat ini persiapan lokasi di Jakarta sudah hampir 90 persen selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.