Sukses

Jelang Asian Games, Anies akan Tata Kawasan Pecinaan dan Petak 9

Anies mengatakan, pihaknya akan mempercantik kawasan Pecinaan dengan membangun gerbang di depan jalan Pancoran, Glodok.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, pihaknya akan menata kawasan Pecinaan di Glodok dan Petak 9, Jakarta Barat dalam waktu dekat. Hal ini guna menyambut Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

Menurut Anies, Glodok dan Petak 9 berpotensi menjadi tujuan wisata bagi para peserta Asian Games.

"Supaya bisa rapi dan pada saat Asian Games ada begitu banyak datang ke Jakarta," kata Anies di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Sabtu 3 Maret 2018.

Anies mengatakan, pihaknya juga akan mempercantik kawasan Pecinaan dengan membangun gerbang di depan jalan Pancoran, Glodok. Sebab, hal ini juga merupakan aspirasi dari warga sekitar.

"Insya Allah akan kita bicarakan untuk bisa dilaksanakan," ucap Anies.

Yang terpenting, sambung dia, Pemprov DKI tetap akan melestarikan dan mengembangkan tradisi Tionghoa di Jakarta. Sehingga dapat menjadi tujuan wisata.

"Ini adalah salah satu tujuan wisata yang justru harus dijaga dan dikembangkan," ucap Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertahankan Nama Pecinaan

Tak hanya melestarikan dan mengembangkan tradisi Tionghoa di Jakarta, Anies juga berharap nama wilayah yang biasa disebut dengan Pecinaan juga tetap dipertahankan.

"Dan saya usul agar penamaannya dipertahankan, karena di sini disebut sebagai Pecinaan. Jangan kita cepet-cepet jadi China Town. Nama itu adalah nama yang khas di Jakarta," ujar Anies.

Menurut Anies Baswedan, nama tersebut merupakan warisan dari masyarakat Jakarta ratusan tahun lalu. Selain di Glodok, sambung Anies, ada daerah lainnya yang namanya juga masih terus dipertahankan hingga kini, yaitu Pekojan.

"Penamaannya menunjukkan tradisi nama yang sudah beratus tahun umurnya dan itu kita pertahankan penamaan itu," ucap Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.