Sukses

Menpora Dukung Mural Competition Jadi Promosi Asian Games 2018

Berbagai cara dilakukan untuk mempromosikan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng Pengurus Cikini Art Stage untuk melakukan promosi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan cara yang kreatif. Kedua belah pihak bekerja sama untuk menyebarluaskan perhelatan empat tahunan ini melalui lukisan di tembok atau yang biasa disebut dengan mural.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah, Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Sanusi, dan Staf Khusus Kemitraan Anggia Ermarini menerima Cikini Art Stage di ruang rapat lantai 10, Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

Adapun, maksud dari pertemuan ini ialah keinginan pengurus Cikini Art Stage yang ingin membantu pemerintah dalam mempromosikan Asian Games. Mereka berencana membuat kegiatan menarik yang dikemas dalam Mural Competition 2018.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Menpora yang sudah menerima  kami. Kedatangan kami kemari untuk mempresentasikan keinginan kami dalam mempromosikan Asian Games 2018 lewat seni," ujar inisiator Cikini Art Stage, Aidil Usman dinukil dari laman Kemenpora.

Kepada Imam, Usman mengatakan bahwa seni merupakan nilai untuk menjembatani kreativitas dengan masyarakat. Seni mural dapat memberikan semangat atau pesan-pesan secara estetik maupun artistik supaya masyarakat tahu bahwa ada perhelatan sebesar Asian Games di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Mural Competition

Mural Competition bakal digelar dengan format kompetisi. Nantinya, kompetisi mural ini akan berlangsung di 18 tempat yang ada kaitannya dengan venue Asian Games.

"Dengan diadakan kompetisi ini  sebenarnya kita ingin terlibat secara aktif. Karena bagi kami seni dan olah raga tidak bisa terpisahkan. Momentum penyelenggaraan Asian Games 2018 inilah sebagai ajang kita untuk bisa terlibat langsung,” papar Usman.

"Kita akan menyeleksi 18 komunitas untuk ikut terlibat dalam kompetisi ini dan akan ada 18 tempat yang kita sesuai dengan agenda Asian Games. Untuk itu, kami ingin Kemenpora mendukung kegiatan ini dengan cara memberikan bantuan pada kompetisi ini, " katanya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Dukungan Imam Nahrawi

Imam Nahrawi mendukung cara kreatif yang dilakukan oleh Cikini Art Stage untuk membantu mensosialisasikan Asian Games dengan seni mural. Berkaitan dengan izin, Imam meminta waktu untuk menyambangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Gubernur DKI untuk menghias jalanan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Gelora Bung Karno, Senayan dan Wisma Atlet, Kemayoran.

"Saya berterima kasih pada teman-teman dari kalangan seniman yang sudah mau membantu pemerintah mempromosikan ajang Asian Gemes lewat mural. Terus terang, sekarang ini memang sudah pada tahap darurat untuk segera dilaksanakan, mengingat waktu sangat pendek," tutup Imam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.