Sukses

Tim Taekwondo Indonesia Telah Petakan Kekuatan Lawan di Asian Games

Tim taekwondo Indonesia nomor Kyurugi mewaspadai sejumlah lawan di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Tim pelatih taekwondo Indonesia nomor Kyurugi (tarung) sudah mulai mengumpulkan berbagai informasi mengenai kekuatan lawan yang akan dihadapi di Asian Games 2018.

"Tentang lawan, tim pelatih sudah mulai menabung data dari sebelum test event, mengenai lawan yang akan dihadapi di Asian Games," kata kepala pelatih nomor kyurugi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) Taufik Krisna di JIE Expo Kemayoran, Jakarta, seperti dinukil dari Antara, Minggu (11/2/2018).

Berdasarkan analisis tim pelatih, Taufik mengatakan yang paling diwaspadai adalah tim Korea Selatan, Tiongkok, Thailand, dan banyak lainnya. "Meski demikian, tentu kami harus memaksimalkan bahan yang ada agar dapat meraih medali emas di Asian Games 2018," ujar Taufik.

Dalam Asian Games 2018, taekwondo merupakan salah satu cabang yang diprioritaskan memperoleh medali emas. Salah satu atlet yang diandalkan untuk medali tertinggi tersebut adalah Mariska Halinda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Test Event

Tim kyurugi meraih medali dalam turnamen uji coba bertajuk invitation tournament Asian Games 2018. Dalam pertandingan hari pertama, tim kyurugi memperoleh satu emas dan dua perak. Emas disumbangkan lewat Mariska Halinda yang menang dalam pertarungan final menghadapi taekwondoin Filipina, Rheza Aragon, 10-1 di kelas -53 kilogram (kg) putri.

"Saya senang bisa menang, namun saya melihat masih banyak kekurangan dan masih harus ditambah lagi latihannya, saat ini adalah uji coba. Jadi kami akan melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan di sisa waktu ini," ujar Mariska.

Sementara dua perak kyurugi disumbang Reinaldy Atmanegara yang kalah dari Park Jong Hyun (Korea Selatan) dengan skor 9-32 di kelas -58 kg. Satu perak lagi didapat Nicholas Armanto yang meyerah dari Keybert Lee Lumbania (Filipina) dengan skor 4-18.

3 dari 3 halaman

Evaluasi

Bagi Taufiki, tim kyurugi, termasuk Mariska, masih memiliki beberapa kekurangan yang butuh dievaluasi dan diperbaiki seiring turnamen serta program yang dipersiapkan agar bisa mencapai performa puncak saat Asian Games 2018.

"Evaluasi akan terus dilakukan dan dipantau perkembangannya saat pemusatan latihan di Korea Selatan selama dua bulan, dalam turnamen yang akan diikuti, di Malaysia, Kejuaraan Asia di Vietnam, Spanyol Terbuka, Jerman Terbuka, Korea Terbuka dan Piala Kim Min-Jeong, demi mencari performa terbaik saat Asian Games 2018," papar Taufik.

Evaluasi itu, lanjut Taufik, bertujuan untuk menilai para taekwondoin dalam pemusatan latihan nasional. Karena menurut dia, skuat yang ada saat ini bukanlah yang 100 persen akan dikirimkan ke Asian Games 2018.

"Tim kyurugi yang ada saat ini dan saat test event ini, bukanlah tim yang 100 persen turun di Asian Games 2018. Kami akan terus evaluasi yang kemungkinan beberapa orang direshuffle untuk mencari pemain terbaik dan bisa dioptimalkan saat Asian Games. Karena jika tak bisa, kami tidak mau ambil resiko," ucap Taufik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.