Sukses

Asian Games: Sistem Buka-Tutup Diberlakukan di Kawasan GBK

Kejuaraan uji coba Asian Games akan berlangsung 8-15 Februari 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) akan memberlakukan sistem buka-tutup dalam pengaturan lalu lintas di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, saat kejuaraan uji coba Asian Games, 8-15 Februari mendatang.

"Kami akan melakukan rekayasan lalu-lintas di sekitar kawasan GBK yang menjadi pusat kegiatan kejuaraan uji coba Asian Games 2018," kata Sekretaris Jenderal Inasgoc Eris Herryanto di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/2/2018).

Sistem buka tutup lalu lintas itu juga berlaku di sekitar Jakarta International Expo Kemayoran dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ini menyusul penyelenggaraan kejuaraan uji coba juga berlangsung di dua lokasi itu.

Dalam penerapan arus lalu lintas demi kelancaran perjalanan atlet dan ofisial dari 18 kontingen Asian Games itu, Inasgoc melibatkan Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

"Kelancaran arus lalu-lintas berperan penting dalam pergerakan seluruh komponen yang terlibat. Pengaturan lalu lintas juga harus diuji coba agar ketika pertandingan utama pada Agustus pergerakan atlet dan ofisial berjalan efektif tanpa terjebak kemacetan," ucap Eris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Masuk dan Keluar

Para pemain Timnas Basket Indonesia mendengar arahan pelatih sebelum melakukan latihan jelang test event Asian Games 2018 di Hall A Senayan, Jakarta, Rabu (7/2/2018). Test Event ini berlangsung pada 8-12 February 2018. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagara mengatakan pengaturan arus lalu lintas terutama dipusatkan pada akses masuk dan keluar Kawasan GBK Senayan.

"Jalan Graha Pemuda dan Asia Afrika pada Minggu (11/2/2018) hingga Selasa (13/2/2018) akan diberlakukan sistem buka-tutup untuk kendaraan umum dan memprioritaskan kendaraan khusus untuk Kejuaraan Uji Coba Asian Games 2018," ujar Halim.

Akses bagai atlet, ofisial Dewan Olimpiade Asia (OCA), dan personel yang terakreditasi akan melalui pintu 7 atau di depan kantor Televisi Republik Indonesia (TVRI) atau Jalan Graha Pemuda.

Sementara itu, pintu masuk dan keluar penonton akan diarahkan hanya melalui pintu Plaza Barat yang berada di Jalan Asia Afrika.

Selain itu, Inasgoc juga telah meminta jalur bus Transjakarta (busway) akan menjadi jalur lintasan kendaraan dengan stiker Asian Games. Inasgoc juga masih berkoordinasi dengan Jasa Marga terkait penggunaan bahu jalan tol dalam kota sebagai jalur kendaraan resmi Asian Games 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.