Sukses

Pedagang Tanaman Hias di GBK Mulai Dipindahkan

Mereka nantinya akan menempati lokasi baru untuk berjualan tanaman hias di Parkir Timur Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) mulai menertibkan para pedagang tanaman yang biasa berada di luar kompleks GBK.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (18/5/2016), terdapat empat truk besar yang akan digunakan untuk mengangkut tanaman dan patung-patung yang dijual para pedagang.

Terlihat beberapa Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) mengangkut tanaman ke atas truk. Penertiban dimulai sejak pukul 09.30 WIB. Dibantu beberapa personel Satuan Polisi Pamong Praja.

Pusat Pengelolaan Kompleks GBK mulai menertibkan para pedagang tanaman hias yang berada di komplek tersebut (Liputan6.com/Mufti Solih)

Tidak ada perlawanan dari para pedagang yang biasa mangkal di lokasi tersebut, yaitu dari depan kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga sampai dengan Hotel Mulia.

"Sebelum ditertibkan, kami sudah melakukan pendekatan persuasif," kata salah seorang petugas Satpol PP, Hendri, kepada Liputan6.com.

Penertiban dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Pusat Pengelolaan Kompleks GBK mulai menertibkan para pedagang tanaman hias yang berada di komplek tersebut (Liputan6.com/Mufti Solih)


Relokasi pedagang tanaman dan batu alam yang selama ini menempati trotoar atau pedestrian di sekitar kompleks GBK Senayan itu, memang menjadi target pemerintah untuk mempercantik tatanan kota.

‎"Selama ini pedestrian di kawasan GBK yang seharusnya ‎diperuntukkan untuk pejalan kaki masih belum maksimal," ujar Direktur Utama PPK-GBK Winarto saat jumpa pers di Lagunas, GBK, Senayan, Jakarta, Jumat 13 Mei 2016.

Winarto menargetkan selama sepekan ke depan, sosialisasi kepada 115 pedagang tanaman yang ada di bawah pembinaan Dinas UMKM DKI ini selesai. Selanjutnya, mereka diharapkan memindahkan barang-barangnya ke lokasi yang telah disediakan.

Para pedagang tanaman hias dan batu alam ini, akan dipindahkan di kawasan Parkir Timur Senayan. Lahan yang telah disediakan ini berada di sebelah Selatan gedung Jakarta Convention Center (JCC) atau sebelah Barat Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Tumpukan pot tanaman di sepanjang trotoar Jalan Gerbang Pemuda, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (2/5). Jelang Asian Games 2018, Pemkot Administrasi Jakpus akan merelokasi pedagang tanaman hias ke dalam kawasan GBK. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.