Kisah Mualaf Selvi Ananda Istri Gibran Rakabuming Raka, Memeluk Islam Sebelum Menikahi Putra Jokowi

Selvi Ananda adalah istri dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Ia resmi menjadi istri Gibran setelah menikah dengannya pada 11 Juni 2015 lalu.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 18 Des 2022, 00:30 WIB
Potret Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming Raka saat pakai hijab. (Instagram/selvie_ananda_)

Liputan6.com, Jakarta - Selvi Ananda adalah istri dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Ia resmi menjadi istri Gibran setelah menikah dengannya pada 11 Juni 2015 lalu.

Ada fakta menarik dari sosok Selvi. Mantan Putri Solo ini baru memantapkan diri menjadi seorang mualaf sebelum menikah dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selvi mengucap dua kalimat syahadat di depan pengurus Masjid Istiqlal pada 20 Februari 2015. Setelah bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah, Selvi resmi memeluk Islam yang sebelumnya beragama Katolik.

Keputusan Selvi menjadi mualaf sebelum menikahi putra Presiden Jokowi sempat menjadi bahan perbincangan publik. Namun, omongan tentang dirinya itu tidak terlalu digubris oleh ibunda Jan Ethes Srinarendra ini.

Selvi menikah dengan Gibran ketika dia masih baru beberapa bulan dia memeluk Islam. Saat menikah, yang bertindak sebagai wali nikah bukan ayahnya, melainkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Mukhtaroji.

Mukhtaroji menjelaskan, ada perbedaan agama Selvi dengan ayahnya, sementara prosesi akad nikah dilaksanakan sesuai tata cara Islam. Lantaran perbedaan agama dengan ayahnya, maka secara hukum agama Islam, wali mempelai wanita bisa diwakilkan oleh wali hakim. 

"Ya karena orang tuanya beda (beda agama) maka yang menjadi wali otomatis wali hakim tho," katanya seperti dikutip dari Merdeka.com, Sabtu (17/12/2022).

"Ya saya ditunjuk jadi wali hakimnya. Sebut saja Kepala KUA Banjarsari, Mukhtaroji menjadi wali nikahnya," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Curi Perhatian di Pernikahan Kaesang-Erina

Penampilan Selvi Ananda di acara pernikahan Kaesang-Erinina bikin salah fokus. Credit: Biro Setpres

Baru-baru ini istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda mencuri perhatian saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Bukan tanpa sebab, menantu Presiden Jokowi ini menarik perhatian lantaran tampil anggun dengan memakai kebaya di acara spesial itu.

Banyak warganet yang bertanya perihal produk kecantikan yang dipakai Selvi sehingga terlihat cantik. Untuk menjawab rasa penasaran warganet, Gibran membocorkannya di Twitter.

“Minyak tawon,” tulis putra sulung Jokowi itu seperti dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Namun, jawaban Gibran dibantah oleh istrinya sendiri. Selvi pun mengungkapkan kenapa dirinya bisa tampil cantik.

“Perawatannya biasa aja sih. Yang wajar-wajar aja, enggak ada yang gimana-gimana," kata mantan Putri Solo ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya