Selain Kopi, Ini 7 Ide Minuman Sehat untuk Nonton Piala Dunia 2022

Berikut ini tujuh ide minuman sehat pengganti kopi untuk teman nonton Piala Dunia 2022.

oleh Putri Annisa diperbarui 16 Nov 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi nonton bola (Foto:Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar segera berlangsung beberapa hari lagi. Biasanya, menonton pertandingan sepak bola paling asyik sambil menikmati camilan dan minuman yang akan membuat kita bertahan hingga pertandingan usai.

Tak bisa dipungkiri, jam tayang pertandingan sepak bola sering kali hadir larut malam. Karena itu, pecinta sepak bola rela bergadang demi menonton aksi tim kesayangan. Nah, untuk teman bergadang, kebanyakan orang mengandalkan kopi sebagai teman nonton bola.

Dilansir dari laman Healthline, Rabu (16/11/2022), kopi sebenarnya adalah salah satu minuman yang sehat. Kopi mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan mood, metabolisme, serta kinerja mental dan fisik. Kopi aman dikonsumsi jika dalam jumlah rendah hingga sedang. Namun, kopi dengan kafein dosis tinggi mungkin memiliki dampak negatif dan bahkan berbahaya.

Sejumlah dampak negatif terlalu banyak minum kopi antara lain seperti gangguan kecemasan, menyebabkan insomnia, masalah pencernaan, kerusakan otot, hingga tekanan darah tinggi.

Karena itu, tak ada salahnya jika Anda mengganti kopi dengan minuman lain yang lebih menyehatkan sebagai teman nonton Piala Dunia 2022. Berikut ini Liputan6.com sajikan tujuh ide minuman sehat untuk nonton Piala Dunia 2022 dirangkum dari berbagai sumber. Selain sehat, minuman-minuman ini juga memiliki rasa yang bikin ketagihan. Namun, tetap jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan olahraga rutin dan pola makan sehat, ya!

2 dari 4 halaman

1. Teh Hijau

ilustrasi teh hijau/copyright By Liv friis-larsen (Shutterstock)

Teh hijau bisa jadi pilihan untuk teman nonton bola selain kopi. Pasalnya, kandungan kafein pada teh hijau lebih rendah. Dengan mengonsumsi minuman berkadar kafein cukup, setidaknya bisa membantu Anda terjaga menonton Piala Dunia 2022 hingga peluit akhir pertandingan.

2. Susu

Tak bisa dipungkiri jika bergadang juga bisa membuat tubuh Anda menjadi pegal-pegal keesokan harinya. Nah, mengonsumsi susu saat nonton Piala Dunia 2022 bisa jadi solusi untuk mencegah hal tersebut. Dikutip dari Healthline, susu diketahui mengandung kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Selain itu, susu juga bermanfaat menurunkan risiko obesitas.

3. Es Buah

Es buah juga bisa jadi minuman sehat untuk nonton Piala Dunia 2022 Qatar. Berbagai macam buah yang dicampur jadi satu sudah tentu mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Tekstur buah yang renyah saat dikunyah juga bisa membantu Anda tahan menonton bola hingga selesai.

 

3 dari 4 halaman

4. Smoothies

Ilustrasi avoberry smoothie. (dok. Anthony Shkraba/Pexels)

Bagi Anda yang punya blender di rumah, bisa banget mengolah smoothies buat camilan sambil nonton bola. Anda bisa mengombinasi antara buah dengan buah lain maupun sayur. Seperti stroberi dan mangga, pepaya dan lemon, dan masih banyak lagi.

5. Cokelat Hangat

Cokelat hangat bisa juga dijadikan teman nonton Piala Dunia 2022 selain kopi. Megonsumsi cokelat hangat tanpa tambahan pemanis dipercaya dapat meningkatkan energi tubuh.

Sebuah penelitian dari jurnal NeuroRegulation menyebutkan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan kemampuan otak untuk memusatkan perhatian, sehingga bisa membantu kita terjaga lebih lama. Kandungan vitamin B12 dalam dark chocolate juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dan fungsi otak.

4 dari 4 halaman

6. Es Kelapa Muda

ilustrasi es kelapa muda/copyright Shutterstock

Air kelapa sudah dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh. Bahkan, air kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh. Karena itu, mengonsumsi es kelapa muda cocok untuk teman nonton Piala Dunia 2022.

7. Wedang Jahe

Sejak ribuan tahun lalu, jahe sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Nah, dibandingkan kopi, tak ada salahnya jika Anda memilih wedang jahe sebagai minuman saat menonton bola.

Dikutip dari laman Ditjen Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, salah satu manfaat jahe mampu meredakan nyeri sendi dan otot. Dengan minum wedang jahe, Anda tak perlu khawatir terserang nyeri otot usai menonton bola. Anda tinggal membuatnya sesuai selera, mau wedang jahe hangat atau menambahkan es batu agar lebih segar.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya