Sukses

Tanda-tanda Infeksi Jamur Vagina yang Bisa Dilacak

Infeksi jamur umumnya bisa mempengaruhi mulut, kulit, atau alat kelamin seseorang. Pada wanita, infeksi kelamin yang paling terjadi seperti infeksi jamur vagina.

Infeksi jamur umumnya bisa mempengaruhi mulut, kulit, atau alat kelamin seseorang. Pada wanita, infeksi kelamin yang paling terjadi seperti infeksi jamur vagina.

Kondisi tersebut terjadi karena pertumbuhan yang berlebih dari Candida albicans (organisme ragi). Sebenarnya infeksi ini tidak berbahaya untuk wanita.

Ada beberapa tanda yang dapat dilakukan untuk melacak infeksi jamur, tapi Anda harus mengetahui penyebab infeksi jamur vagina sebelumnya.

Seperti dikutip Boldsky, Selasa (11/12/2012), infeksi jamur vagina disebabkan banyaknya bakteri yang sehat yang bisa memiliki banyak ragi.

1. Bakteri sehat menjaga asam di vagina dan mencegah produksi Candida albicans. Namun, jika bakteri ragi berlebihan hal itu dapat menyebabkan infeksi jamur vagina.

2. Ketidakseimbangan dalam produksi dan pernapasan bakteri juga merupakan salah satu penyebab infeksi jamur. Ketidakseimbangan ini bisa disebabkan perubahan hormon, obat-obatan tertentu seperti steroid atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

3. Peningkatan kadar estrogen juga menyebabkan infeksi vagina. Kenaikan mendadak dari kadar estrogen dapat disebabkan pil kehamilan atau kelahiran.

4. Alat kelamin yang tidak higienis dapat menjadi penyebab lain dari ragi dan infeksi vagina lainnya seperti ISK (Infeksi Saluran Kemih). Anda harus membersihkan alat kelamin Anda dengan metode dari 'atas ke bawah' (dari vagina ke anus). Cara itu untuk mencegah bakteri memasuki saluran vagina

5. Sabun dengan aroma yang kuat dan mengandung kimia dapat menyebabkan infeksi jamur vagina pada wanita. Ada bakteri alami dan sehat yang menjaga vagina tetap bersih. Aroma yang kuat dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari bakteri jamur.

Dan bagaimana tanda-tanda infeksi jamur pada vagina?

1. Jika Anda sering menderita gatal-gatal, itu bisa menjadi tanda yang jelas dari infeksi jamur. Jika Anda merasa sangat gatal dan menjadi parah, bahkan setelah mencuci alat kelamin, gatal tidak berkurang.

2. Vagina seperti terbakar setelah buang air kecil. Ini bisa menjadi petanda terjadinya infeksi. Jika mengalami infeksi jamur vagina, vagina akan terbakar. Minum banyak air dan mengamati beberapa waktu. Ini karena dehidrasi juga menyebabkan luka bakar vagina.

3. Cairah putih kental: Ini adalah salah satu tanda yang diikuti oleh gatal dan terbakar pada vagina. Ini bisa menjadi tanda infeksi jamur vagina.

4. Nyeri pada vulva atau kemerahan pada saluran vagina bisa menjadi gejala infeksi jamur.

Cara untuk menyembuhkan infeksi jamur pada vagina:
  • Hindari celana ketat
  • Lebih memilih pakaian katun
  • Jangan memakai celana basah atau lembab
  • Jaga vagina bersih dan kering. Selalu bersihkan dari depan ke belakang
  • Jangan gunakan deodoran vagina atau tampon
  • Gunakan krim vagina counter untuk mendapatkan bantuan
  • Jika situasi semakin parah, konsultasikan ke dokter.
(MEL/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini