3 Khasiat Masker Madu, dari Atasi Jerawat Hingga Kesehatan Jantung

Banyak masalah yang bisa diatasi lewat masker madu untuk wajah, seperti jerawat, penuaan, luka, sensitif, pigmentasi, dan masih banyak lagi.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 08 Mar 2021, 00:00 WIB
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Madu dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Cairan manis yang diproduksi lebah ini, berkhasiat meningkatkan stamina, menjaga imunitas tubuh, jerawat hingga memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, ada juga segudang manfaat madu untuk wajah yang perlu diketahui. Cairan kental manis ini memiliki tekstur lembut dan mendinginkan membuatnya begitu menenangkan ketika diterapkan di kulit wajah atau masker wajah.

Banyak masalah yang bisa diatasi lewat masker madu untuk wajah, seperti jerawat, penuaan, luka, sensitif, pigmentasi, dan masih banyak lagi.

Manfaat ini berasal dari kandungan dan senyawa alami yang dimilikinya. Kandungan dan senyawa ini meliputi gula, antiseptik, antioksidan, antiinflamasi, enzim, vitamin, dan mineral.

Tak heran jika manfaat masker madu untuk wajah patut diandalkan. Terutama untuk mengatasi peradangan dan hiperpigmentasi kulit. Berikut ada beberapa khasiat madu untuk wajah:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini

2 dari 5 halaman

Hilangkan Bekas Jerawat

(Sumber: iStockphoto)

Manfaat masker madu untuk wajah juga ampuh menghilangkan bekas jerawat. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik dan antioksidan yang dimiliki madu.

Tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga mempercepat proses penyembuhan bekas luka dari jerawat.

3 dari 5 halaman

Menyembuhkan Luka

Ilustrasi Luka diabetes. Foto: Hello Sehat

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi. Osmolalitas ini bisa membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang.

Hal inilah yang membuat manfaat masker madu untuk wajah bisa menyembuhkan luka. Tak hanya luka bekas jerawat tetapi terbakar, sinar UV, dan masih banyak lagi.

Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan.

4 dari 5 halaman

Menenangkan Kulit Sensitif

Berikut manfaat masker tomat dan putih telur yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah. (Foto: iStockphoto)

Kulit sensitif memang memerlukan perawatan ekstra. Perawatan ini bisa mengandalkan manfaat masker madu untuk wajah. Mulai dari menangkal alergi atau iritasi dari bahan atau produk perawatan kecantikan.

Pemiliki kulit sensitif patut mencoba masker madu ini. Masker madu dapat menenangkan kulit sensitif karena sifat antiinflamasi. Hingga membuatnya cocok untuk merawat dan menjaga kulit kulit sensitif.

5 dari 5 halaman

Mencerahkan Kulit Wajah

Ilustrasi kulit sehat (iStockphoto)

Madu bisa membuat kulit nampak cerah berseri secara alami. Kecerahan alami ini bisa didapat dari manfaat masker madu untuk wajah. Khasiat antibakterinya membantu menenangkan peradangan dan melindungi kulit dari kuman.

Masker madu akan bertindak sebagai agen pembersih. Membuka sumbat pori-pori dan ampuh menghilangkan komedo. Sifat pemutihnya membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi, membuat wajah memiliki warna kulit yang merata.

(Laudia Tysara)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya