Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Jokowi Masuk Peti Mati

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 08 Sep 2020, 21:45 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam peti, klaim foto Jokowi tersebut diunggah akun Facebook Alex Asasin, pada 8 September 2020.

Alex mengunggah foto hasil tangkapan layar seorang bermuka Jokowi yang mengenakan baret merah dan rompi oranye berada di dalam peti.

Disertai tulisan "Semoga Husnul Khotimah".

Unggahan foto Jokowi di dalam peti mati di beri keterangan sebagai berikut.

"Kurang ajar banget ni Orang 🤣😅 Berani Mati".

Benarkah foto Jokowi di dalam peti mati? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati dengan menjadikan foto bagian wajah sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image untuk mengetahui kebenarannya.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati

 Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Jokowi sudah ajukan cuti ke Mendagri untuk kampanye" yang dimuat situs merdeka.com, pada 7 Maret 2014.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati

 

 Situs tersebut memuat foto Jokowi mengenakan baret merah dengan ekspresi wajah yang identik dengan foto Jokowi di dalam peti.Foto tersebut bersumber dari merdeka.com hasil bidikan Muhammad Luthfi Rahman, pada 2013.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Image dan Yandex, namun tidak terdapat artikel terkait yang mengarah pada foto klaim.

Penelusuran kemudian dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'mengenakan rompi oranye masuk peti'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "FOTO: Bikin Kapok, Warga Tak Pakai Masker Dihukum Masuk ke Dalam Peti" yang dimuat situs liputan6.com, pada 3 September 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi di dalam peti mati

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim Jokowi masuk peti. Namun, terdapat berbedaan pada bagian wajah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Warga Kelurahan Pasar Rebo, Jakarta Timur, yang kedapatan keluar rumah tidak menggunakan masker harus rela masuk ke dalam peti mati selama satu menit."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Jokowi di dalam peti mati tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Foto sebenarnya adalah seorang warga yang kedapatan keluar rumah tidak menggunakan masker dihukum masuk peti mati, di Kelurahan Pasa Rebo, Jakarta Timur.

 

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya