Ribuan Massa Antar Istri Bupati TTU Daftar ke KPU

DPP partai Nasdem resmi mengusung Kristiana Muki sebagai bakal calon bupati di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

oleh Ola Keda diperbarui 05 Sep 2020, 17:52 WIB
Foto: Pasangan cabup/Wabup Timor Tengah Utara, Kristiana Muki dan Yosef Tanu saat menggelar deklarasi di Kota Kefamenanu (Liputan6.com/Ola Keda)

Liputan6.com, Kefamenanu- DPP partai Nasdem resmi mengusung Kristiana Muki sebagai bakal calon bupati di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kristiana merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem yang juga istri Bupati TTU dua periode, Raymundus Sau Fernandes.

Kristiana menggandeng Yosef Tanu sebagai bakal calon wakil bupati. Yosef merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Setda TTU.

Setelah mendapat SK dari DPP Nasdem, paket Kita Sehati menggelar deklarasi di gedung Biinmafo, Kota Kefamenanu, Sabtu (5/9/2020).

Pantauan Liputan6.com, setelah deklarasi, pasangan ini diantar ribuan massa ke kantor KPU untuk mendaftarkan diri. Sebelum memasuki halaman kantor KPU, beberapa tokoh adat menggelar ritual adat pembunuhan kerbau.

"Massa diperkirakan 30-50 ribuan yang hadir," ujar Ketua Tim Keluarga pasangan Kristiana-Yosef, Dolvianus Kolo kepada wartawan, Sabtu (5/9/2020).

"Kami orang TTU mau buat sejarah. Pemimpin perempuan akan segera lahir di TTU sejak Indonesia merdeka," tambah Dolvianus.

Dolvianus menyebut, Kristiana Muki berasal dari keluarga sederhana dan saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI. Sementara Yosef Tanu merupakan sosok pekerja keras dan teguh pada prinsip.

"Kami optimistis pasangan ini akan menang dengan meyakinkan. Apalagi yang bertarung kemungkinan tiga pasangan. Kami juga mau buktikan bahwa, perempuan juga bisa jadi pemimpin," tandasnya.

Setelah mendaftar, syarat cabup/cawabup Kristiana Muki dan Yosef Tanu dinyatakan lengkap dan sah dan siap melalui tahapan lanjutan.

Calon Bupati TTU, Kristiana Muki, mengajak semua komponen masyarakat berjuang bersama untuk menang di Pilkada nanti. Ia mengaku punya visi misi yang besar untuk membangun daerah yang memerlukan dukungan dari masyarakat.

"Bukan soal siapa yang menang tetapi proses yang dijalankan harus melahrikan pemimpin yang dekat dengan rakyat. Kita komitmen membawa TTU lebih baik, maju dan beradab," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Punya Program Unggulan

Foto: Pasangan cabup/Wabup Timor Tengah Utara, Kristiana Muki dan Yosef Tanu saat mendeklarasikan diri maju di Pilkada TTU 2020 (Liputan6.com/Ola Keda)

Menurut Kristiana, Paslon Kita Sehati memiliki beberapa program unggulan, dari ekonomi kerakyatan, pariwisata, pertanian, pendidikan hingga kesehatan.

"Kita berupaya membangun ekonomi yang berkelanjutan. Program sapi bagi KK miskin, pupuk gratis, bibit gratis hingga petugas pendamping dan penyuluhan serta akses pasar," ungkapnya.

Selain itu, calon bupati perempuan ini juga berkomitmen mengembangkan tenun ikat sebagai produk unggulan.

"Nanti ada bantuan modal bagi UMKM," sebutnya.

Untuk mengatasi masalah pendidikan di tengah covid-19, ia juga memiliki program kelas pintar. Program ini akan diwujudkan dengan pemasangan internet gratis bagi SD, SMP hingga SMA.

"Pembangunan pendidikan kesehatan yang merata dengan meningkatkan kapasitas tenaga guru dan kesehatan. Setiap desa ada satu bidan dan perawat. Hal ini penting, untuk melalwan tingkat kematian ibu dan anak. Ada juga pelayanan kesehatan gratis melalui program jaminan kesehatan daerah," jelasnya.

Ia mengajak pasangan calon lain untuk bersaing secara sehat dengan selalu menjaga iklim demokrasi. "Persaingan politik boleh-boleh saja, tetapi jangan membuat perpecahan hanya karena keinginan semata," tutupnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya