Rebut F1 Inggris, Hamilton Beberkan Detik-Detik Bannya Pecah Sebelum Finis

Jantung Lewis Hamilton mau copot saat mengetahui bannya pecah jelang garis finis F1 Inggris.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 03 Agu 2020, 12:22 WIB
Lewis Hamilton menang balapan F1 GP Inggris dengan kondisi ban mobil tinggal tiga. (ANDREW BOYERS / POOL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton keluar sebagai juara pada balapan Formula 1 (F1) seri Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (2/8/2020). Balapan ini diwarnai momen dramatis di mana Hamilton sempat mengalami pecah ban pada lap terakhir sebelum menyentuh garis finis.

Lewis Hamilton kembali membuktikan kelasnya di ajang balapan jet darat Formula 1. Pembalap yang menyandang enam gelar juara dunia F1 tersebut itu tidak terkejar sejak bendera start dikibarkan.

Namun bencana sempat menghampiri Hamliton di lap terakhir balapan F1 itu. Ban depan sebelah kiri tiba-tiba pecah sebelum mobilnya menyentuh garis finis. 

Hamilton tidak mengentikan laju kenadaraannya. Pemabalap Mercedes itu tetap melaju dan finis pertama di Silverstone. Sementara posisi kedua ditempati pembalap Red Bull, Max Verstappen disusul di posisi ketiga pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

"Saya belum pernah mengalami kejadian seperti ini di lap terakhir," kata Hamilton seperti dilansir Channel News Asia (CNA).

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

2 dari 4 halaman

Tidak Menyangka

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton beraksi pada balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (14/7/2019). (AP Photo/Luca Bruno)

Tidak hanya Hamilton yang mengalami kejadian ini. Rekan satu timnya, Valtteri Bottas juga sama.

Namun Bottas yang juga rival terdekat Hamilton gagal mempertahankan posisinya dan melorot hingga ke urutan 11. "Hingga lap terakhir, semuanya berjalan relatif lancar," kata Hamilton menjelaskan.

"Saya kemudian mendengar bannya (Bottas) pecah lalu saya lihat ban saya dan semuanya baik-baik saja. Mobil melaju tanpa masalah. Beberapa putaran terakhir, saya mulai melambat dan benar saja ban saya pecah," kata pembalap asal Inggris itu menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Jantung Hampir Copot

Lewis Hamilton finis pertama balapaN F1 GP Inggris 2020. (Frank Augstein / POOL / AFP)

Memacu kendaraan dalam kondisi ban tinggal tiga bukanlah perakara mudah. Bahkan untuk pembalap sekelas Haliton sendiri sekalipun.

"Itu benar-benar terasa seperti jantung saya mau copot. Aku hanya berdoa dan menyelesaikan putaran dan tidak terlalu lambat. Saya bahkan sudah kesulitan melewati beberapa tikungan terakhir. Tapi syukurlah, kami akhirnya berhasil," beber Hamilton.

 

4 dari 4 halaman

Dekati Rekor Schumacher

Ini merupakan kemenangan ke-87 Hamilton sepanjang balapan di F1. Kini Hamilton hanya terpaut empat kemenangan dari pemegang rekor terbanyak Michael Schumacher (Ferrari).

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya