Malam Ini, PSSI Akan Putuskan Kelanjutan Liga 1 dan 2 Musim 2020

Rapat Exco PSSI yang akan digelar secara virtual pada malam nanti akan mengambil keputusan soal kelanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 03 Jun 2020, 15:45 WIB
Logo PSSI. (Bola.com/Dody Iryawan)

Liputan6.com, Jakarta - Komite Eksekutif (Exco) PSSI akan menggelar rapat pada Rabu (3/6/2020) malam WIB. Rapat tersebut untuk menghasilkan keputusan akhir soal kelanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020

"Rencananya malam ini," kata pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Jakarta seperti dikutip dari Antara.

Pertemuan yang berlangsung secara virtual itu akan dihadiri oleh seluruh anggota Exco PSSI. termasuk Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Kemarin, PSSI telah melakukan rapat jarak jauh dengan seluruh klub Liga 1 dan 2 musim 2020.

Dalam rapat itu, PSSI memaparkan usulan soal masa depan kompetisi yang diliburkan sejak Maret 2020 akibat pandemi corona Covid-19. Masukan PSSI untuk Liga 1, pertama kompetisi dilanjutkan kembali mulai September atau Oktober 2020 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kedua, pembayaran subsidi pertermin dinaikkan menjadi Rp 800 juta. Ketiga, tidak ada degradasi dan terakhir pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa agar seluruh tim tidak perlu berlama-lama berada di tempat publik terutama bandara.

 

 

2 dari 3 halaman

Liga 2

Anggota Exco serta Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri). (Istimewa)

Untuk Liga 2, PSSI menyarankan kompetisi dilaksanakan lagi pada Oktober dengan subsidi pertermin dinaikkan menjadi Rp 200 juta dan tanpa degradasi serta juga disertai protokol kesehatan.

Selain itu, hanya ada dua tim, sebelumnya tiga, yang akan promosi ke Liga 1. Pertandingan Liga 2 juga diusulkan di Pulau Jawa dengan format home tournament, di mana setiap tim dibagi menjadi empat grup yang masing-masing berisi enam klub.

3 dari 3 halaman

Berdiskusi dengan APPI

PSSI juga sudah berdiskusi dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI). PSSI berjanji menyiapkan payung hukum untuk kontrak pemain dan pelatih ketika liga dilanjutkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya