Carlo Ancelotti Ungkap Pengalaman Latih Cristiano Ronaldo

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 23 Mei 2020, 21:20 WIB

Turin - Pelatih kenamaan Italia, Carlo Ancelotti, bercerita banyak soal pengalamannya menangani Real Madrid, termasuk menjadi seorang pelatih untuk pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo.

Dengan jejak rekam luar biasa bersama klub-klub sebelumnya, wajar jika pada 2013 Real Madrid memilih Ancelotti sebagai pelatih baru menggantikan Jose Mourinho.

Advertisement

Meski hanya selama dua musim, tapi Ancelotti sukses memenangkan hati suporter karena berjasa mengantar Cristiano Ronaldo dkk. meraih gelar juara Liga Champions ke-10 mereka sepanjang sejarah atau yang dikenal dengan sebutan La Decima.

Ancelotti mengaku beruntung pernah menangani klub sekaliber Real Madrid. Baginya, melatih Los Blancos merupakan pekerjaan yang harus dicoba oleh setiap pelatih di seluruh dunia.

"Saya bertahan dua musim di sana dan itu merupakan pengalaman yang tak terlupakan karena saya rasa Real Madrid adalah klub terbaik di dunia karena citra yang mereka miliki," ujar Ancelotti kepada Sky Sports.

"Mereka memiliki sejumlah masalah pada tahun-tahun sebelumnya. Fakta mereka tidak mampu memenangi Liga Champions selama 12 tahun seperti obsesi bagi mereka karena Real Madrid sering menjuarainya. Saya beruntung bisa menjuarainya pada musim pertama," imbuhnya.

 

2 dari 2 halaman

Pengalaman Melatih Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dan Carlo Ancelotti (GERARD JULIEN / AFP)

Ancelotti juga berbicara soal pengalaman dirinya menangani pemain sekelas Cristiano Ronaldo. Ancelotti menyebut rasanya seperti ketika ia menangani Zinedine Zidane di Juventus.

"Anda harus membangun tim di sekitar Cristiano Ronaldo dan seperti yang saya katakan dengan Zidane, Anda harus menaruh mereka dengan cara yang lebih nyaman di lapangan," tutur sosok yang kini menjadi manajer Everton tersebut.

"Saya rasa Anda tak harus membangun taktik yang keras secara defensif dengan pemain ini karena ada pemain yang lebih terlibat dalam fase penyerangan dan ada pemain yang harus lebih banyak terlibat dalam fase defensif."

"Tentu saja mereka harus bekerja sama karena tim merupakan bagian terpenting dari sebuah permainan, tapi striker seperti Ronaldo yang mampu mencetak gol dalam setiap pertandingan, Anda tak harus terlalu banyak memberi informasi soal pertahanan."

"Ini merupakan cara termudah untuk menjadi manajer, untuk menangani seorang pemain fantastis karena mereka profesional, serius, berkepribadian, dan termotivasi, jadi inilah yang yang paling mudah," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Benediktus Gerendo Pradigdo, published 23/5/2020)

Berita Terkait