8 Olahraga Simpel yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Pandemi Corona

Untuk mengisi waktu luang selama di rumah, kamu tetap bisa berolaraga dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 31 Mar 2020, 17:00 WIB
ilustrasi olahraga di rumah/copryight by TORWAISTUDIO (Shutetrstock)

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Tanah Air, diimbau pemerintah menerapkan social distancing untuk memutuskan rantai penyebaran pandemi Corona atau Covid-19.

Selama social distancing, aktivitas di luar rumah seperti lari di taman, olahraga ke tempat gym dihentikan sementara. Nah, untuk mengisi waktu luang selama di rumah, kamu tetap bisa berolaraga dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Meski di rumah selama pandemi Corona, tubuhmu tetap harus bugar, bukan? Berikut beberapa olahraga simpel yang bisa kamu lakukan di rumah.

1.   Superman atau Superwoman

Gerakan ini sangat mudah dilakukan siapa saja, apalagi bagi individu yang mengalami sakit punggung bagian bawah. Mengingat kamu akan menghabiskan untuk duduk lama selama social distancing, maka latihan ini bisa membantu memperkuat punggung bagian bawah dan atas.

Cara melakukannya: berbaringlah di atas matras atau lantai dengan kaki dan tangan terentang di depanmu. Lalu angkat kedua lengan dan kakimu secara bersamaan setinggi mungkin, tapi tidak merasa sakit.

Istirahat sebentar, turunkan dan ulangi dengan lengan dan kaki yang berlawanan. Jika gerakan ini sudah kamu rasa ringan, coba angkat kedua lengan dan kedua kakinya secara bersamaan.

 

2 dari 8 halaman

2. Push Up

Ilustrasi push up (Sumber: PIxabay)

Push up menjadi salah satu gerakan yang paling umum dilakukan. Gerakan ini sangat bagus untuk memperkuat daya tahan tubuhmu. Ini juga membantu membangun kekuatanmu, stamina, membakar kalori dan meningkatkan kebaikan mental. 

Cara melakukannya: Berbaringlah di lantai dan letakkan telapak tangan di sisi dadamu. Tekuk siku sedikit, dorong tubuh ke atas sampai lenganmu hampir lurus. Lalu, perlahan-lahan turunkan kembali tubuhmu.

 

3 dari 8 halaman

3. Jumping Jack

Jumping Jack menjadi gerakan kardio terbaik yang bermanfaat untuk seluruh tubuh. Melakukan gerakan ini secara teratur bisa membuat jantungmu lebih kuat, otot lebih kuat dan membantu menurunkan berat badan.

Gerakan ini juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dan membantu menghilangkan stres.

Cara melakukannya: Berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan di samping tubuh. Lompat bersama sambil mengangkat tanganmu di atas kepala dan pisahkan kakimu.

 Lalu, balikkan gerakan dan kembali ke posisi semula. Selanjutnya, mulailah melakukannya lebih cepat.

4 dari 8 halaman

4. Downward-facing dog

Downward-facing dog menjadi salah satu pose yang paling bermanfaat untuk meredakan sembelit, mengurangi ketegangan dan meredakan nyeri otot.

Cara melakukannya: Rebahkan tubuh dengan posisi terkurap di atas alas atau lantai. Perlahan, angkat tubuh, lalu bokong ke arah langit-langit. Usahakan tulang punggung selurus mungkin. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

5 dari 8 halaman

5. Crunch

Dengan melakukan crunch, bersama dengan diet sehat dan aktivitas fisik lainnya, kamu bisa membuang kelebihan dan lemak tak diinginkan yang terkumpul di sekitar pinggangmu.

Cara melakukannya: Berbaringlah di atas matras atau lantai. Tekuk lutut, telapak kaki menumpu pada matras dengan posisi sejajar dengan lutut atau bisa agak direnggangkan.

Lalu letakkan tangan di belakang kepala, ibu jari berada di belakang telinga dan jari-jari lainnya menyangga kepala. Angkat tubuh bagian atas. Ambil napas setiap kali kamu mengangkat tubuh.

Kemudian kembali ke posisi semula, hembuskan napas saat kembali posisi semula. Ulangi 10 kali. Bisa dilakukan sebanyak 3 set dalam sekali latihan.

6 dari 8 halaman

6. Plank

Gerakan ini bisa membantu meregangkan otot-otot kakimu, efektif untuk menambah tinggi badanmu, meningkatkan definisi otot dan mengurangi sakit punggung.

Cara melakukannya: Posisikan tubuh dengan kedua tangan dan lutut yang bertumpu di lantai untuk meregangkan tulang belakang. Sejajarkan bahu tepat di atas tumpuan tangan dan regangkan tulang belakang dengan mengangkat kepala. Tahan posisi ini selama 1 menit.

7 dari 8 halaman

7. Peregangan Cobra

Seperti namanya, gerakan ini menyerupai cobra. Ini adalah gerakan yang biasanya direkomendasikan untuk berbagai penyakit. Peregangan cobra bisa mengurangi stres pada otot punggung dan tulang belakang. 

Cara melakukannya: Kamu cukup tengkurap dengan kaki lurus dan kedua tangan berada di samping bahu.

Kemudian tarik tubuh Anda bagian atas hingga lengan lurus menopang tubuh, dan kedua kaki tetap lurus dan berada di lantai. Tahan posisi beberapa detik dan lakukan lagi hingga beberapa kali.

8 dari 8 halaman

8. Squat

Melakukan gerakan ini bisa membantu kondisi otot dan persendian tubuh bagian bawah menjadi lebih baik, sehingga bisa membantu meningkatkan tinggi badanmu. 

Cara melakukannya: Gerakan dasar squat cukup mudah dilakukan. Tinggal berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya