Profil Klub Liga 1 2020 Persib Bandung: Terus Berusaha Memburu Gelar

Persib mendatangkan enam pemain baru untuk Liga 1 2020, dua diantaranya pemain asing yang belum berpengalaman di Liga Indonesia.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 25 Feb 2020, 18:35 WIB
Persib Bandung. (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan Persib Bandung menyambut Shopee Liga 1 2020 terkesan adem ayem. Minimnya aktivitas Maung Bandung dalam merekrut pemain baru menjadi alasan. 

Meski begitu, manajemen tetap membidik gelar atau perbaikan prestasi ketimbang tahun lalu. 

Musim 2019, Persib finis di posisi keenam dalam klasemen Liga 1 2019 walau target awal lima besar. Melesetnya target tersebut dimaklumi manajemen karena Robert Alberts datang persis ketika kompetisi hendak dimulai. Dia menggantikan Miljan Radovic asal Montenegro.

Robert datang ke Persib dengan skuat yang disusun atas keinginan Radovic. Memasuki putaran dua, dia pun merombak tim dengan membuang tiga pemain asing yakni Arthur Gevorkyan, Rene Mihelic, dan Bojan Malisic.

Mereka diganti oleh Kevin van Kippersluis dan Nick Kuipers asal Belanda serta Omid Nazari, pemain asal Filipina kelahiran Swedia. Kehadiran tiga pemain baru itu membuktikan jika Persib tetap berada di papan atas.

Memasuki masa persiapan Liga 1 2020, Persib sedikit goyah karena striker andalan Ezechiel N'Douassel memutus kontrak. Tak hanya Eze, satu bek lokalnya Achmad Jupriyanto, juga memilih mundur. Sedang Van Kippersluis dan Hariono didepak.

Sebagai gantinya, Persib mendatangkan enam pemain baru, dua diantaranya pemain asing yang belum berpengalaman di Liga Indonesia, yakni Wander Luiz (Brasil) dan Geoffrey Castillion (Belanda). Muka anyar lainnya adalah Victor Igbonefo, Teja Paku Alam, Beni Oktovianto, dan Zulham Zamrun.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku semua rekrutan baru itu berdasarkan rekomendasi dari pelatih Robert Alberts.

"Kami berharap Persib bisa lebih baik lagi dibandingkan musim lalu. Bersyukur kalau kami bisa juara, tapi yang pasti tim manapun pasti ingin juara," ucap Teddy dilansir Bola.com.

Musim 2020 ini memang menjadi tantangan besar bagi Robert Alberts. Pelatih asal Belanda ini dituntut membawa Persib lebih baik dari musim 2019, walaupun dalam perekrutan pemain baru, hanya Igbonefo dan Zulham yang sempat bersinar di kompetisi Indonesia.

Pelatih berusia 65 tahun ini sepertinya akan memunculkan beberapa pemain potensi yang kurang jam terbang pada musim lalu, semacam Bekcham Putra Nugraha, Abdul Aziz, Zalnando, dan Gian Zola Nasrulloh.

Namun, Persib masih memiliki pemain-pemain yang mumpuni seperti Nick Kuipers, Fabiano Beltrame, Omid Nazari, dan beberapa pemain lokal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Profil Bintang: Febri Hariyadi

Gelandang Persib Bandung, Febri Hariyadi, melakukan selebrasi usai membobol gawang Persipura Jayapura pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Persib menang 3-0 atas Persipura. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Febri Hariyadi masih menjadi pemain andalan. Pemain kelahiran Bandung, 19 Februari 1996 ini semakin menyatu bersama Persib, di mana pada musim 2019 ia menyumbang sembilan gol.

Dia memang satu-satunya pemain binaan Persib yang bersinar hingga tim senior. Sebelumnya, pemain yang akrab disapa Bow ini berkarier di Persib junior pada 2010-2015. Musim 2016 hingga sekarang ia menjadi andalan di Persib senior.

Musim 2020 ini, Febri tetap akan menjadi pemain andalan di sektor sayap kanan Maung Bandung. Kecepatan, assist, dan tendangan akuratnya masih tetap menjadi ancaman tim-tim lawan.

3 dari 4 halaman

Profil Pelatih: Robert Alberts

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Robert Alberts adalah pelatih yang memiliki jam terbang tinggi di Indonesia. Ia pernah membawa Arema Malang juara Liga Indonesia pada musim 2009/2010 dan membawa PSM Makassar menjadi runner-up Liga 1 2017.

Pengalaman segudang yang dimiliki pelatih kelahiran Belanda, 14 November 1954, ini membuat Persib Bandung langsung mengontraknya dua musim dengan opsi perpanjangan satu musim.

Sayang, dalam mengawali musim 2019 lalu, Robert hanya bisa membawa Persib pada posisi enam besar di klasemen Liga 1 2019. Maka itu, musim 2020 menjadi tantangan besar bagi Robert. Terlebih ia langsung mengawal Persib sejak pramusim termasuk dalam perekrutan pemain baru.

4 dari 4 halaman

Skuat dan Prediksi

Pelatih Persib Robert Rene Alberts memberikan instruksi kepada pemainnya dalam sesi latihan di Stadion Siliwangi, Jumat (21/2/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
  • Kiper: I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Dikha Bayangkara
  • Belakang: Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Fabiano Beltrame, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Zalnando, Henhen Herdiana, dan Mario Jardel
  • Tengah: Omid Nazari, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Gian Zola Nasrulloh, Beckham Putra Nugraha, Frets Butuan, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Erwin Ramdani
  • Depan: Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Zulham Zamrun, Beni Oktovianto

 

Posisi Musim Lalu: 6

Prediksi Musim Ini: Papan atas

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya