PAN, Demokrat, Gerindra, dan PKS Akan Gelar Pertemuan

Yandri menilai, pertemuan PAN, Demokrat, PKS, dan Gerindra itu sangat penting untuk membahas format koalisi.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Jul 2018, 13:16 WIB
Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kedatangan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hassan di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (25/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar pertemuan dengan Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS dalam waktu dekat. Pertemuan dilakukan direncanakan setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Rabu 25 Juli 2018 malam.

"Ya dari diskusi tadi malam, sepertinya seperti itu (ada pertemuan dalam waktu dekat)," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Yandri menilai, pertemuan keempat partai itu sangat penting untuk membahas format koalisi. Serta membahas secara rinci capres-cawapres yang akan diusung di pesta demokrasi tersebut.

"Karena penting untuk menyamakan visi-misi kemudian format koalisi siapa yang akan diusung capres dan cawapres," ucap dia.

Anggota Komisi II DPR ini juga menegaskan pertemuan Ketua Umum PAN dengan SBY sama sekali belum membahas perihal cawapres yang akan diusung. Termasuk perihal kemungkinan Ketua Komando Satuab Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju sebagai cawapres dari Prabowo.

"Belum dibahas (cawapres). Jadi Pak SBY sampaikan dalam waktu dekat ini, kita mungkin perlu duduk satu meja, untuk membicarakan masalah persoalan bangsa ini bagaimana, kemudian bagaimana solusinya," kata Yandri.

 

 

2 dari 2 halaman

Prabowo: PKS dan PAN Gembira Pertemuan dengan SBY

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bahkan, kata Prabowo, sebelum dirinya menemui SBY, partai-partai yang telah berkomunikasi sejak lama dengan Gerindra itu sangat gembira.

"Saya katakan beberapa menit sebelum saya ke sini, saya dapat berita kawan-kawan dari partai lain (PKS dan PAN) sangat gembira atas pertemuan saya dengan SBY," ujar Prabowo usai bertemu SBY di Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018) malam.

Menurut dia, Gerindra tetap menjalankan komunikasi dengan PKS dan PAN meskipun saat ini juga intensif berkomunikasi dengan Demokrat. Prabowo mengatakan selalu bertemu intensif dengan Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Tentunya saya kalau bertemu PKS dan PAN berusaha enggak diikuti wartawan. Kami konsultasi terus, kami ke sini dengan penuh konsultasi (dengan PAN dan PKS)," jelas dia.

Sebelumnya, SBY mengaku membahas sejumlah hal dalam pertemuannya dengan Prabowo. SBY menuturkan partainya terbuka untuk membangun koalisi dengan Partai Gerindra.

"Saya harus mengatakan jalan untuk membangun koalisi ini terbuka lebar apalagi setelah kami berdua sepakat atas apa yang jadi persoalan bangsa, sepakat atas apa yang diharapkan rakyat hingga grassroot sebelum kami bicara koalisi," jelas SBY.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya