Sukses

10 Manfaat Menakjubkan Thai Tea Bila Diminum Secara Teratur

Minum thai tea (teh Thailand) punya manfaat besar pada tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Thai tea (teh Thailand) tengah digandrungi anak muda. Cha-yen, begitulah orang Thailand menyebut jenis teh ini. Bahan thai tea terbilang cukup unik karena tidak memiliki bahan yang serupa layaknya jenis teh lain.

Komposisi khusus thai tea kaya dengan rempah-rempah khas Asia, seperti kapulaga dan adas bintang. Thai tea merupakan campuran teh hitam, gula, bunga jeruk, rempah-rempah, dan gula susu yang diuapkan.

Tak heran, teh ini punya manfaat besar bagi tubuh.

1. Mengurangi alergi

Cukup minum dua atau tiga cangkir thai tea dengan susu lebih banyak dan tanpa tambahan gula. Senyawa flavonoid yang terkandung pada thai tea dapat melindungi tubuh Anda dari peradangan dan keracunan.

Terlebih lagi bila Anda mengalami alergi. Thai tea dapat mengurangi alergi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Cegah asma

Minum dua cangkir thai tea dapat mencegah asma. Hal ini dikarenakan adanya senyawa anise bintang (star anise) yang melindungi tubuh agar penderitanya tak mengalami asma.

Kandungan anti oksida juga dapat menghambat zat peradangan di dalam tubuh. Kekebalan tubuh menjadi lebih baik, ditulis dari DrHealthBenefits, Kamis (20/7/2017).

3 dari 8 halaman

3. Mencegah dan memerangi kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford University, Amerika Serikat menemukan, penyebaran sel kanker payudara stadium awal dapat dihentikan dengan mengonsumsi thai tea.

Minum secangkir thai tea akan menghalangi penyebaran sel kanker. Hal ini karena adanya polifenol dan anti oksida untuk menghentikan penyebaran sel kanker lebih luas.

4. Usir stres

Di Jepang, peneliti membuktikan thai tea untuk menyembuhkan dan mengatasi stres. Adanya kafein pada thai tea dapat mengurangi rasa kelelahan dan stres.

4 dari 8 halaman

5. Melawan radikal bebas

Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat menyebabkan timbulnya kanker. Penelitian dari Tufts University membuktikan, thai tea dapat membunuh radikal bebas yang diserap ke dalam tubuh.

Radikal bebas timbul melalui pembuluh darah lantas menyebar ke seluruh organ tubuh. Zat anti oksida pada thai tea juga mengurangi tingkat radikal bebas. Minum 3-5 cangkir thai tea dalam seminggu sangat dianjurkan.

5 dari 8 halaman

6. Bantu membersihkan saluran kemih

Saluran kemih mungkin berisiko terkena virus atau bakteri. Hal ini menyebabkan peradangan yang sangat menyakitkan dan membuat Anda sulit kencing.

Minum 2-3 gelas thai tea tiap hari dapat membantu saluran kemih untuk membersihkan dirinya dari segala jenis bakteri.

6 dari 8 halaman

7. Menghilangkan 'mata panda'

Radang mata atau yang lebih populer disebut mata panda dapat dihilangkan dengan thai tea. Kompres mata dengan ekstrak thai tea untuk mengurangi peradangan sekaligus menyegarkan mata.

Komposisi alami dalam thai tea akan mengendurkan otot mata. Taruh ekstrak thai tea di atas kain linen basah lalu kompres mata. Lakukan di pagi hari sebelum menjalani aktivitas.

7 dari 8 halaman

8. Andalan diet

Bagi Anda yang sedang diet, teh antara waktu makan dan mengemil sangat dianjurkan. Ini membantu sistem pencernaan dan menormalkan metabolisme. Didukung pencernaan yang lebih baik dapat membantu mengurangi berat badan.

Sebaiknya, minum satu sampai dua cangkir thai tea di di pagi hari sebelum sarapan dan di malam hari sebelum tidur.

8 dari 8 halaman

9. Mengembalikan metabolisme tubuh

Thai tea dapat mengembalikan metabolisme. Minum thai tea setidaknya secangkir tiap hari.

10. Mengurangi risiko stroke

Stroke disebabkan pembuluh darah terhambat, yang sebagian besar dipicu kolesterol tinggi akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Thai tea dapat mengurangi jumlah kolesterol lemak dalam sirkulasi darah. Hal ini dapat menurunkan risiko kanker, diabetes, stroke, dan serangan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.