Sukses

Andriyanto PAN Dukung 100% Pembentukan Pansus Freeport

Rapat Pansus Freeport di DPR nantinya wajib dibuka, agar publik bisa mengikuti dan mengetahui semua persoalannya.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Komisi VII Andriyanto Johan Syah menyatakan, fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) di DPR mendukung total dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Freeport.  

"Partai Amanat Nasional 100 persen mendukung segera dibentuk Pansus Freeport, karena masalah Freeport ini sangat penting buat Indonesia," ujar Andriyanto, Kamis (24/12/2015).  

Menurut Andriyanto, Pansus Freeport nantinya akan memberikan beberapa rekomendasi yang intinya mengembalikan kekayaan alam negeri ini sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

"Karena itu, nanti saat Pansus Freeport berjalan di DPR maka persidangan wajib digelar secara terbuka. Kita kedepankan ketransparanan, agar semua pihak bisa memantau permasalahan ini. Agar tidak ada orang yang mengambil keuntungan pribadi," papar dia.


Ia juga mengharapkan, Pemerintah dan DPR bisa saling mendukung dan memantau. Agar semuanya bisa berjalan sesuai prosedur.

"Saya pikir jika semuanya berjalan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku tentu tidak ada masalah, DPR pasti mendukung pemerintah," kata Andriyanto.

Sebelumnya, Pimpinan DPR menerima delegasi yang menamakan dirinya Petisi Tambang Freeport untuk Rakyat. Pimpinan DPR langsung menyambut antusias usulan tersebut. Tim transisi pengambilalihan Freeport pun perlu segera dibentuk.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sendiri mengungkapkan, saat ini usulan pembentukan Pansus Freeport yang masuk ke meja Pimpinan DPR baru 25 orang.

Diharapkan, tahun depan setelah reses DPR, pengumpulan tanda tangan anggota untuk Pansus Freeport bisa semakin banyak.

"Ini untuk menunjukkan keseriusan DPR dalam membentuk Pansus Freeport," tandas Fahri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini