Sukses

Rahmat Hamka DPR: Ini Bukan Bencana, Tapi Musim Asap

Saking seringnya, Rahmat menyebut Indonesia memiliki satu musim baru selain kemarau dan penghujan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabut asap menjadi bencana rutin di Indonesia selama musim kemarau. Sejumlah sindiran dan kritik dilancarkan untuk bangsa ini. Salah satunya dari anggota DPR Rahmat Nasution Hamka.

Dia menyebut Indonesia tidak sedang dilanda bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatera. Menurut dia, saat ini, Indonesia memiliki satu musim baru selain kemarau dan penghujan.

"Ini bukan bencana asap. Ini musim asap, karena saban tahun datang," ujar Rahmat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 6 Oktober 2015.

Dia mengatakan, asap telah mempengaruhi banyak sektor, banyak masyarakat yang tidak bisa beraktivitas, sekolah ditutup, dan kesehatan terancam.

"Data yang saya peroleh, setiap harinya se-Kalimantan Tengah ada seribu lebih orang yang masuk rumah sakit karena ISPA," kata Rahmat.

Politikus PDIP ini khawatir, banyak masyarakat yang kesehatannya terpengaruh karena sering menghirup asap.

"Saya tidak tahu apa dampaknya setelah 10 atau 15 tahun nanti. Saya khawatir akan banyak yang terkena kanker," ungkap Rahmat.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah lewat Kementerian Kesehatan dapat melakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada masyarakat dengan terstruktur, sistematis, dan massif.

"Para medis dan alat kesehatan jangan hanya di tingkat kabupaten saja, tapi harus sampai di kecamatan dan pedesaaan," tandas Rahmat. (Bob/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.