Sukses

VIDEO: Mogoknya Mobil Presiden Jokowi Berbuntut Panjang

Mogoknya mobil Presiden Jokowi bahkan yang kelima kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil kepresidenan Mercedes Benz Pullman Guard S-600 buatan tahun 2007, yang digunakan Presiden Jokowi, mogok usai meninjau PLTG Mempawah, Kalimantan Barat. Mogoknya mobil Jokowi pada pekan lalu itu berbuntut panjang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (22/3/2017), kejadian ini bukan yang pertama, bahkan mungkin sudah yang kelima kalinya. Selain karena usia kendaraan, diduga lantaran kurangnya armada.

"Mobil presiden itu yang dipakai ada tujuh, kalau teman-teman ke daerah mereka pakai Jeep Mercy, yang dipakai itu bukan hanya presiden tapi juga wapres," kata Bey Machmudin, Kepala Biro Istana Kepresidenan. 

Namun demikian, hingga kini belum ada usulan anggaran peremajaan mobil presiden. Sementara itu, Presiden Jokowi pun tidak keberatan meski mobil sedan tersebut telah mogok beberapa kali.

Meski tidak ada yang langsung mengaitkan mogoknya mobil kepresidenan dengan satu Mercedes Benz kepresidenan yang masih digunakan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, petinggi Partai Demokrat memberi klarifikasi.

"Pak SBY itu bukan meminjam, saya ingin luruskan bahwa Pak SBY bukan meminjam. Pak SBY dan Pak Boediono bukan meminjam, tetapi Pak SBY dan Pak Boediono selaku mantan presiden dan mantan wakil presiden ya kalau di dalam hal ini kan baru kemarin menyelesaikan (tugas presiden) begitu," jelas Waketum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf, .

Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, bekas presiden dan wakil presiden disediakan sebuah kendaraan milik negara dengan pengemudinya.

Saksikan tayangan video mogoknya mobil Presiden Jokowi berbuntut panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.