Sukses

Kilas Pilkada: Polisi Tangkap 2 Pelaku Politik Uang di Mamasa

Polisi telah menyita barang bukti berupa uang ratusan ribu rupiah.

Liputan6.com, Mamasa - Polisi dari Polres Mamasa, Sulawesi Barat memeriksa 23 warga Kabupaten Mamasa terkait politik uang. Peristiwa terungkapnya kasus ini berawal dari tertangkapnya dua pelaku yang diduga membagikan uang sebanyak Rp 5.000.000 kepada 18 warga.

Dari tangan kedua pelaku polisi telah menyita barang bukti berupa uang ratusan ribu rupiah. Meski telah memeriksa sejumlah pihak terkait hingga kini polisi belum menetapkan tersangka. Berita tersebut mengawali Kilas Pilkada yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (12/2/2017).

Sementara itu, guna menciptakan suasana kondusif selama pelaksanaan pilkada. KPU Kota Yogyakarta menggelar deklarasi Jogja damai yang diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan berlaga pada pilkada serentak. 

Setiap pasangan calon, diminta membacakan komitmen mereka terkait Jogja damai dengan versi masing-masing selama tiga menit.

KPU Kota Yogyakarta menggelar simulasi pencoblosan untuk para pemilih difabel di wilayahnya. Pada simulasi ini setiap pemilih diberi kesempatan untuk melakukan proses pencoblosan seperti pada hari H.

Namun, pemilih difabel mengeluhkan kurangnya sosialisasi dari KPU. Sehingga mereka belum bisa mengenali tahapan pemilihan dan nama-nama pasangan calon dengan baik.

Memasuki masa tenang pilkada personel Satpol PP membersihkan atribut pasangan calon Gubernur DKI di seluruh sudut kota.

Seperti di Kelurahan Mampang, Jakarta Selatan, petugas menurunkan spanduk dan membersihkan poster yang terpasang di tiang listrik atau tembok.

Berbeda dengan kondisi di Koja dan Cilincing. Atribut pasangan calon cagub DKI seperti spanduk dan poster masih tersebar di pinggir jalan. Selain di depan gang permukiman atribut juga tertempel pada pohon.

Puluhan anak muda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Remaja Masjid Cinta Pilkada DKI Jakarta damai menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia pada minggu pagi (12/2/2017).

Para peserta aksi membagi-bagikan brosur dan ajakan untuk warga agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 15 Februari 2017 nanti.

Simak tayangan video Kilas Pilkada selengkapnya dalam tautan ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.