Sukses

VIDEO: Di Balik Debat Perdana Pilkada DKI Jakarta

Meski menuai apresiasi, debat perdana Pilkada DKI Jakarta pada 13 Januari 2017 lalu menyisakan sejumlah ketidakpuasan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski menuai apresiasi, debat perdana Pilkada DKI Jakarta pada 13 Januari 2017 lalu menyisakan sejumlah ketidakpuasan. Jabat tangan moderator debat pada seluruh pasangan calon ternyata tidak berlalu begitu saja sebagai kalimat pembuka di awal acara.

Seperti ditayangkan 

Liputan 6 Siang SCTV 

, Selasa (17/1/2017), salah satu yang merasa tidak puas adalah cagub nomor urut satu, Agus Harimurti yudhoyono (AHY). Namun demikian, sehari setelah acara debat yang disiarkan langsung sejumlah televisi swasta, Agus Yudhoyono menyatakan tak ingin berburuk sangka.

"Saya enggak mau buruk sangka, mungkin hanya sekadar joke saja. Walaupun ya seharusnya enggak terlalu tepat juga sih mengatakan itu, 'oh tangannya Mas Agus paling dingin'," kata Agus.

Sementara moderator debat, Ira Koesno menyatakan tak ada maksud apa-apa di balik kalimat pembuka acara itu.

"Sebenarnya kalau disampaikan soal tangan dingin dan sebagainya, itu setiap pasangan calon itu uniknya adalah masing-masing yang satu hangat yang satu dingin. Jadi sebenarnya ini kombinasi yang pas antara semua paslon," tutur Ira Koesno.

"Yang saya jadikan referensi adalah sampai sesudah debat mereka semua apresiasi dan tidak ada yang merasa keberatan," tambah Ira.

Berbagai jurus mencairkan suasana adalah keahlian yang harus dimiliki seorang moderator. Cara itu sejatinya membantu semua peserta untuk menghilangkan rasa grogi. Apalagi, menghadapi acara serius yaitu debat publik pemilihan gubernur.

Simak tayangan video selengkapnya dalam

tautan ini

.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.