Sukses

VIDEO: Saat 'Pahlawan Super' Hadapi Sidang Skripsi

Walau terkesan aneh, cara ini mungkin patut dipertimbangkan untuk membantu para mahasiswa dalam menghadapi ujian skripsi.

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah karakter superhero atau pahlawan super seperti Batman, Robin, Batwoman bahkan tokoh pejuang Tanah Air berkumpul di salah satu sudut Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jawa Timur, Kamis siang, 24 November 2016.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (25/11/2016), usut punya usut, ternyata mereka adalah mahasiswa tingkat akhir fakultas tersebut yang hendak mengikuti ujian skripsi. Setelah melakukan persiapan, mereka kemudian memasuki ruang ujian.

Para mahasiswa mengaku sempat dihinggapi rasa takut saat mengikuti ujian atau sidang skripsi. Namun seiring berjalannya waktu suasana menjadi cair dan rasa tegang pun hilang.

"Karena ini ujian paling menyeramkan di jurusan saya, dengan adanya kostum seperti ini jadi kita lebih fun aja. Enggak terlalu kaku apa gimana gitu," kata mahasiswi peserta ujian skripsi Cita Ayu.

Rupanya itulah cara pihak fakultas untuk menghilangkan ketegangan pada mahasiswanya saat menghadapi ujian akhir. Sebelumnya beberapa mahasiswa gagal karena terlalu tegang saat mempertahankan skripsi di depan tim penguji.

"Ujian ini kan merupakan ujian paling horor. Jadi desain empat, yaitu mendesain semua sistem yang ada di kapal. Tetapi pada saat keluar ujian itu mereka enjoy," kata Ketua Jurusan Teknik Kelautan ITS Surabaya Dr Eng M Badrus Zaman.

Walau terkesan aneh, cara ini mungkin patut dipertimbangkan untuk membantu para mahasiswa dalam menghadapi ujian skripsi. Sebab cara ini sudah dibuktikan para mahasiswa ITS hingga mampu menghilangkan ketegangan saat sidang dan berhasil lulus dengan memuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.