Sukses

VIDEO: Akhir Penyanderaan 4 WNI di Somalia Selama 5 Tahun

Keempat WNI kini berupaya dipulangkan ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Kegembiraan terpancar dari empat nelayan warga negara Indonesia (WNI) yang akhirnya berhasil dibebaskan dari tawanan pembajak Somalia. Hampir lima tahun dan lebih dari 20 nelayan Asia lainnya dari Kapal Naham III, kapal milik Taiwan yang dibajak tahun 2012.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (24/10/2016), mereka diselamatkan pada Sabtu malam, 22 Oktober 2916, di sekitar perairan China dengan kerja sama Perserikatan Bangsa-Bangsa dan banyak pihak.

"Saya merasa sangat bahagia sekarang. Kami berterima kasih kepada PBB, Mr John, Leslie Edwards dan semua pihak yang membantu proses pembebasan kami," kata salah satu korban penyanderaan.

Dalam konferensi pers, Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menyatakan ucapan syukur bahwa keempat WNI, yaitu Sudirman, Supardi, Adi Manurung, dan Nelson T Sirero, bisa dibebaskan. Kendati, mereka harus menunggu waktu hingga lima tahun.

Tetapi satu orang ABK yang berasal dari Cirebon meninggal dunia karena sakit. Keempat WNI kini berusaha dipulangkan ke Tanah Air, untuk bertemu dengan keluarga yang sudah bertahun-tahun menunggu dengan cemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.