Sukses

VIDEO: Memasuki Musim Hujan, Sejumlah Daerah Berpotensi Longsor

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas tinggi yakni Sumatera, Aceh, Jawa dan Kalimantan.

Liputan6.com, Solok - Satu keluarga yang terdiri dari 4 orang tewas tertimbun longsor di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Posisi longsor di daerah perbukitan menyulitkan tim SAR dan TNI dalam melakukan evakuasi.

Korban bernama Bakri usia 60 tahun, tewas tertimbun longsoran tanah bersama istri, anak perempuan dan satu orang cucunya. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (26/8/2016), untuk mempermudah sekaligus membersihkan longsoran tanah, satu unit alat berat diturunkan. Selain menelan korban jiwa, timbunan longsor juga menutupi badan Jalan Padang-Kerinci, Jambi, pada kilometer 68 sepanjang 200 meter dengan ketinggian 6 meter.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiska menjelaskan, saat ini cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia memasuki masa pergantian musim, dari musim kemarau ke musim penghujan. Akibatnya, di sebagian daerah akan sering terjadi hujan deras sehingga berpotensi longsor.

Selain itu, imbas dari fenomena La Nina dan El Nino diprediksi dapat menimbulkan gelombang tinggi, kilatan petir dan angin kencang.

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas tinggi yakni Sumatera, Aceh, Jawa dan Kalimantan. Masyarakat diimbau agar lebih berhati-hati dalam beraktivitas, terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah rawan longsor dan banjir.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.