Sukses

VIDEO: Kepadatan Pemudik Bandara Soetta dan Stasiun Pasar Senen

Peningkatan jumlah pemudik di bandara dan stasiun mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Lima hari menjelang hari raya Idulfitri, kepadatan pemudik di Bandara Soekarno Hatta makin meningkat. Puncak arus mudik menggunakan pesawat terbang diperkirakan akan terjadi dua hari menjelang lebaran.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (2/7/2016), ribuan pemudik terus memadati Bandara Soekarno Hatta hingga Jumat petang. Terminal domestik 1 B menjadi terminal paling sibuk karena banyak pemudik menggunakan maskapai melalui terminal tersebut.

Data PT Angkasapura II menunjukkan grafik peningkatan penumpang sejak 12 hari sebelum hari raya Idulfitri. Rata-rata pemudik meningkat lebih dari lima persen setiap harinya, bahkan mencapai 30 persen di akhir pekan, dibanding catatan tahun lalu pada periode yang sama. Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-2-lebaran.

Sementara itu, kondisi yang sama juga terpantau di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Sedikitnya 154 ribu penumpang sudah diberangkatkan hingga Jumat kemarin.

Jumlah kereta api yang disiagakan juga ditambah menjadi 6 rangkaian kereta. Jumlah penumpang diperkirakan akan terus naik, mengingat tahun ini peminat kereta api meningkat hingga lima persen dibanding tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.