Sukses

VIDEO: Matahari di Atas Khatulistiwa, Warga Sijunjung Berendam

Dampak kulminasi matahari yang berada pada garis khatulistiwa membuat suhu udara lebih panas.

Liputan6.com, Padang - Lokasi pemandian Lelabang Sakti di Sijunjun, Padang, Sumatera Barat, hari Minggu ini ramai di padati pengunjung. Rata-rata adalah keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk berendam mendinginkan badan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (20/3/2016), dampak kulminasi matahari yang berada pada garis khatulistiwa membuat suhu udara lebih panas.

Pada siang hari pukul 12.00 hingga pukul 15.00, suhu udara diperkirakan 30 hingga 32 derajat Celcius. Sedangkan dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, suhu dara rata-rata pada bulan Maret antara 26 dan 27 derajat celcius.

Tingginya suhu udara membuat warga menjadi kepanasan. Mereka memilih berendam di pemandain untuk menghindari dehidrasi.

Menurut BMKG, peristiwa yang dialami warga Sumbar adalah hal biasa yang dikenal sebagai quinox, yakni gerak semu matahari dalam setahun tepat di atas kathulistiwa tanggal 21 Maret dan 23 September. Ini merupakan fenomena yang normal.

Sumatera Barat adalah salah satu kawasan yang dilalui garis khatulistiwa, tepatnya di daerah Bonjol Pasaman. Kondisi ini akan berlangsung hingga satu pekan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini