Sukses

Bakso Mang Udin, Kuliner Pengobat Rindu di Tanah Suci

Bakso Mang Udin jadi pilihan jemaah haji asal Indonesia berada di Pasar Balad, Jeddah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Mekah - Pasar Balad adalah sebuah pasar yang ada di Jeddah, Arab Saudi. Pasar ini merupakan salah satu tujuan utama para jemaah asal Indonesia berbelanja usai menunaikan ibadah haji.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (19/9/2015), dengan jumlah jemaah haji terbanyak dan hobi berbelanja dibanding jemaah dari negara lain, tidak heran bila banyak toko yang diberi nama Indonesia dan pegawainya bisa berbahasa Indonesia.

Tetapi gerai yang satu ini memang asli Indonesia, baik pemilik, pegawai, dan menu-menunya. Nama tempatnya adalah Bakso Mang Udin. Awalnya Mang Udin berjualan bakso di bekas sebuah gudang sempit di Kota Mekah pada 1995. Namun pada 2008, bakso Mang Udin berpindah ke Pasar Balad karena ada perluasan Masjidil Haram.

"Mang Udin pertama kali di sini lihat peluang. Peluang ada jemaah haji banyak dan di mana-mana orang kita (Indonesia) itu nggak jauh-jauh dari bakso, bakso ciri khas kita kan. Nah dari situ kefikiran," ucap anak Mang Udin, Cecep Hidayatullah.

Rasanya, pas sekali untuk mengobati kerinduan pada masakan di Tanah Air.

"Kangen saja, untuk mengobati rasa kangen sudah lama nggak makan bakso. Jadi ingin saja makan bakso. Hampir seminggu sekali kita makan bakso di sini," ucap salah seorang jemaah haji pembeli asal Indonesia, Weni.

Musim haji menjadi kesempatan bagi bakso Mang Udin menangguk untung lebih banyak. Selain musim haji, Pasar Balad juga ramai pada musim umrah di bulan Rabiulawal dan Sa'ban. Selain bakso, andalan Mang Udin lainnya adalah nasi campur, soto, sop, dan gado-gado. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.