Sukses

Derita Warga Jambi Akibat Asap Tak Kunjung Usai

Kebakaran lahan membuat Jambi dipenuhi kabut asap, bandara lumpuh, dan ditambah dengan padamnya listrik.

Liputan6.com, Jambi - Kebakaran lahan dimana-mana menjadi pemandangan yang biasa terlihat di Jambi. Di wilayah Pemenang Selatan, Kabupaten Merangin api bahkan dengan cepat menjalar pagi ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (19/9/2015), upaya pemadaman kebakaran lahan yang terjadi dilakukan dengan cara seadanya tak banyak membantu.

Situasi mengerikan juga terjadi di Kota Kualatungkal. Kota ini sudah menjadi kota berasap. Menurut warga, kabut asap hari ini lebih parah dari yang sebelumnya. Dari data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjungjabung Barat sudah dikategori angka 300 yang membahayakan manusia dan hewan.

Derita warga Kota Jambi kian bertambah manakala Jumat 18 Septembaer 2015 malam, sebagian wilayah mengalami mati lampu yang cukup lama. Selain listrik padam, kini hampir di sebagian besar wilayah Kota Jambi tidak dialiri air oleh PDAM Tirta Mayang Jambi.

Sementara di Bandara Sultan Thaha, jarak pandang pagi ini hanya sekitar 300 meter saja, sehingga semua aktivitas penerbangan lumpuh.

Asap juga masih menyelimuti Kota Jambi. Warga pun merasakan sesak napas dan mata perih. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini