Sukses

Cuaca Buruk, Ratusan Pemudik Sumenep Telantar di Pelabuhan

Ratusan penumpang untuk semua tujuan Sumenep, Madura, Jawa Timur termasuk penumpang kapal mudik gratis tujuan Pulau Kangean telantar.

Liputan6.com, Sumenep - Ratusan penumpang untuk semua tujuan Sumenep, Madura, Jawa Timur termasuk penumpang kapal mudik gratis tujuan Pulau Kangean telantar di Pelabuhan Kalianget.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (14/7/2015), mereka tak dapat pulang ke kampung halaman karena semua pelayaran ditutup pihak syahbandar lantaran cuaca buruk yang melanda wilayah perairan Sumenep.

Padahal ratusan pemudik tujuan Pukau Kangean, Sapeken, dan Masalembu ini sudah berjam-jam menunggu di pelabuhan. Bahkan ada sebagian pemudik yang berhari-hari menginap agar dapat merayakan Idul Fitri di kampung halaman bersama keluarga.

Pihak syahbandar menyatakan pelayaran dihentikan karena ketinggian ombak di perairan Sumenep mencapai 4 meter dengan kecepatan angin 35 knot per jam. Kondisi cuaca ini sangat mengancam keselamatan pelayaran.

"Prediksi cuaca dari BMKG Maritim Surabaya, kisaran ombak untuk perairan Kalianget menuju Kangean sebesar 4 meter," kata Welliyanto petugas keselamatan berlayar Syahbandar Kalianget.

Bila cuaca sudah kembali membaik, yang diperkirakan sekitar tanggal 17-18 Juli mendatang, pelayaran akan segera kembali dibuka. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini