Sukses

Persiapan Berbagai Moda Transportasi Hadapi Arus Mudik

Baik moda transportasi pesawat, kereta api maupun penyeberangan masing-masing terus berbenah dengan semakin dekatnya masa mudik Lebaran.

Liputan6.com, Denpasar - Berbagai persiapan terus dilakukan seiring dengan semakin dekatnya masa mudik Hari Raya Idul Fitri. Baik moda transportasi pesawat, kereta api maupun penyeberangan masing-masing terus berbenah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (5/7/2015), uji kelayakan pesawat atau ramp check dilakukan oleh inspektur dari Otoritas Bandara Ngurah Rai Bali. Uji yang dilakukan di air side ini untuk mengetahui kesiapan teknis pesawat yang akan mengudara, kesiapan awaknya, validitas lisensi, dan penanganan darat.

Dengan demikian setelah melalui ramp check ini bisa dipastikan pesawat itu layak operasi.

Bandara Ngurah Rai menyiapkan 283 penerbangan tambahan untuk mengantipasi meningkatnya penumpang. Selain itu, dibuka pula posko lebaran mulai tanggal 2 hingga 27 Juli untuk membantu para penumpang.

Persiapan serupa juga terlihat di moda angkutan kereta api. PT Kereta Api Daop V Purwokerto menyiapkan lokomotif dan gerbong tambahan mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Rangkaian gerbong dan lokomotif diperbaiki, berbagai komponen diuji, dan bila telah aus maka diganti. Ada puluhan lokomotif dan ratusan gerbong yang disiapkan dari Daop V untuk lebaran kali ini.

Perusahaan menjamin semuanya akan siap untuk beroperasi pada saatnya.

Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak propinsi Banten juga mempersiapkan diri. Diperkirakan arus mudik akan meningkat 16% dibanding tahun lalu. Untuk mengantisipasinya, ASDP menambah loket untuk bus dan motor.

Dengan demikian, diharapkan kendaraan akan lebih cepat masuk ke dalam feri yang akan mengangkutnya ke Pulau Sumatera. ASDP berharap para pemudik memilih berjalan pada siang hari agar bisa mengurangi tekanan yang besar di malam hari. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.